P. Pisau

Pemprov Kalteng & Pemkab Pulpis Kerja Sama Bangun Kampung Budidaya Ikan 

Pulang Pisau – Dalam berbagai kesempatan Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran telah memerintahkan dan mengarahkan seluruh Kepala Perangkat Daerah termasuk pemangku kepentingan terkait untuk selalu optimis membuat inovasi dan terobosan-terobosan sesuai dengan potensi sumber daya alam untuk pemulihan perekonomian Kalteng, walaupun di tengah situasi pandemi covid-19 saat ini. Gubernur Kalteng terus bergerak melakukan langkah-langkah terobosan dan inovasi untuk percepatan pemulihan ekonomi daerah akibat dampak dari pandemi covid-19.

Gubernur Kalteng yakin bahwa pembangunan Kampung Budidaya Ikan ini dapat memberikan dampak kepada peningkatan produksi perikanan. Hal ini disampaikan Kepala Dislutkan Prov. Kalteng H. Darliansjah saat melakukan kunjungan kerja ke Desa Mantaren II, Kabupaten Pulang Pisau, Kamis 24 Fenruari 2022 lalu.

Beberapa langkah terobosan dan inovasi yang dilakukan antara lain melalui pembangunan Kampung Budidaya Ikan. Kampung Budidaya Ikan ini akan dibangun di Kabupaten Pulang Pisau dengan komoditas Ikan Papuyu (Betok), Kabupaten Kotawaringin Timur dengan komoditas Ikan Jelawat, Kabupaten Kotawaringin Barat dengan komoditas Ikan Gabus, Kabupaten Kapuas dengan komoditas Ikan Patin, dan Kota Palangka Raya dengan komoditas Ikan Baung.

Pada kesempatan ini, Kepala Dinas Perikanan (Kadiskan) Kabupaten Pulang Pisau H. Riduan Syahrani turut mendampingi dalam melakukan kunjungan ke lokasi Kampung Budidaya Ikan Papuyu di Desa Mantaren II, Kabupaten Pulang Pisau. Ia menjelaskan bahwa di Desa Mantaren II ini, terdapat 54 Rumah Tangga Perikanan (RTP) Budidaya Ikan dan 169 kolam serta memiliki 4 Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan).

“Pemerintah Daerah Kabupaten Pulang Pisau sangat mendukung dengan adanya program Kampung Budidaya Ikan Papuyu di Desa Mantaren II ini, dan telah menganggarkan dana untuk pembangunan Kampung Budidaya Ikan tersebut, harapannya dengan adanya dukungan dari semua pihak maka pembangunan Kampung Budidaya Ikan Papuyu ini dapat segera terealisasi,” tutur Riduan Syahrani.


(Deddi)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments