Barsel

Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan Didukung

BUNTOK - DPRD Barito Selatan (Barsel) mendukung upaya Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Barsel, yang saat ini sedang melakukan pemutakhiran data pemilih berkelanjutan.

Anggota DPRD Barsel Enung Irawati menyatakan pemutakhiran data pemilih secara berkelanjutan ini penting dilakukan supaya data pemilih bisa semakin akurat.

“Dengan dilakukan pendataan data pemilih juga, data akan semakin komprehensif untuk digunakan dalam perhelatan demokrasi pada Pemilu/Pemilihan serentak tahun 2024 mendatang,” ucapnya, Jumat (28/06/2021).

Pemutakhiran data pemilih ini dilaksanakan sesuai Undang-undang Nomor 7/ 2017 tentang Pemilihan Umum. pemutakhiran dan memelihara data pemilih secara berkelanjutan tersebut dengan tetap memperhatikan data kependudukan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan pasal 202 ayat (1).

Ia juga mengharapkan dukungan seluruh pemangku kepentingan dan masyarakat di kabupaten Barito Selatan ini dalam pemutakhiran data pemilih berkelanjutan tersebut agar data pemilih di daerah ini bisa lebih akurat lagi.

Untuk diketahui, Ketua KPU Barito Selatan, Bahruddin mengatakan jumlah pemilih di Barito Selatan yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah yang lalu adalah sebanyak 95.124 pemilih.

Dari hasil pemutakhiran data pemilih berkelanjutan yang kami dilakukan sampai dengan bulan Mei 2021, terdapat penambahan pemilih sebanyak 300 pemilih. Namun juga terjadi pengurangan sebanyak tiga pemilih yang tidak memenuhi syarat, sehingga jumlah pemilih kita menjadi 95.421 pemilih yang tersebar di enam kecamatan dan 93 desa/kelurahan di Barito Selatan ini.

 

 

(Altius/Jethro)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments