Barsel

BPD Diminta Evaluasi Belum Cairnya DD

BUNTOK – Ketua Komisi I DPRD Barito Selatan (Barse) Raden Sudarto menyarankan kepada Badan Pemerintahan Desa (BPD) Desa Damparan Kecamatan Dusun Hilir, Teluk Sampudau Kecamatan Karau Kuala dan BPD Panarukan, Kecamatan Dusun Utara melakukan evaluasi terkait hal itu. “Evaluasi tersebut dilakukan supaya diketahui kendala yang dihadapi terkait pengajuan dana desa tahap pertama itu,” ucap Sudarto, Senin (30/06/2021).

Ia menyebut, BPD selaku mitra dan pembina diharapkan segera bergerak cepat untuk mengetahui apa masalahnya sehingga DD (dana desa) tahap pertama ini terlambat, dan hal ini jangan dibiarkan.

Raden Sudarto berharap, BPD harus bekerja keras menangani permasalahan pencairan ini, karena dana desa maupun alokasi dana desa bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Sebab, imbuhnya, jika pencairan lamban seperti ini kasihan kepala desa dan perangkat desa, dan juga pelaksanaan pembangunan di desa menjadi terhambat.

Di tempat lain, Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DSPMD) Barito Selatan, Selviriyatmi mengatakan dari 86 desa, hanya tiga desa yang belum mencairkan dana desa.

Jika dana desa tersebut belum dicairkan, maka secara otomatis tidak ada pembangunan pada tiga desa itu. Hal ini tentunya menjadi masalah yang serius. Pihaknya sudah memanggil tiga kepala desa tersebut untuk mengetahui permasalahan kenapa hingga saat ini dana desa tahap pertama belum dicairkan.

 

 

(Altius/Jethro)
 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments