Kalteng

Pengembangan Seni Budaya Islami di Murung Raya: DPD LASQI Memperluas Cakupan Festival Musik

PURUK CAHU,– Komitmen DPD Lasqi dalam pembinaan dan pengembangan seni budaya musik Islami, termasuk Qasidah, Hadrah, Marhaban, Marawis, Nasyid Akapela, Sholawat, Zikir, dan Gambus. Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Lembaga Seni Qasidah Indonesia (LASQI) Kabupaten Murung Raya, Rahmanto Muhidin.

Jumat malam 22/09/2023 Pernyataan tersebut disampaikan Rahmanto Muhidin dalam sambutannya pada acara pembukaan gebyar sholawat di Desa Mangkahui, yang diselenggarakan dalam rangka peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 12 Rabiul Awal 1445 H/2023 M.

"Komitmen kami tidak hanya sampai di sini. Sebagai Ketua DPD LASQI Mura, kami akan merespons, meninjau, dan merekrut para juara dari festival ini untuk berpartisipasi dalam festival LASQI tingkat Kabupaten yang akan diselenggarakan pada akhir Oktober atau awal November 2023 mendatang," ujarnya lugas.

Lebih lanjut, Rahmanto menambahkan bahwa para pemenang dari festival LASQI tingkat Kabupaten akan berkesempatan untuk berkompetisi di tingkat provinsi dan kemudian pada tingkat nasional. Dia juga mengingatkan bahwa Murung Raya pernah meraih gelar juara dalam festival seni Qasidah nasional di Kota Padang pada waktu yang lalu.

Acara gebyar sholawat yang dihadiri oleh Wakil Bupati Mura, Rejikinoor, turut menyelenggarakan festival qasidah ibu-ibu dengan 7 grup peserta, festival bintang vokalis anak-anak dengan 11 peserta putra dan 3 peserta putri, bintang vokalis dewasa dengan 22 peserta, bintang vokalis remaja dengan 17 peserta putri dan 3 peserta putra, serta fashion show dengan 55 peserta putri dan 6 peserta putra. Acara ini berhasil mengumpulkan antusiasme yang tinggi dari masyarakat setempat, menunjukkan kecintaan mereka terhadap seni budaya Islami.

(Ady Natha)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments