P. Raya

Pengukuhan 6 (Enam) Bunda Literasi

PALANGKA RAYA - Bunda Literasi Provinsin Kalteng Ivo Sugianto Sabran usai mengukuhkan Bunda Literasi di hotel Bahalap, Jumat, 8 Desember 2023 menyampaikan peran Bunda Literasi baik di Provinsi maupun Kabupaten/Kota sangatlah penting dalam membantu Pemerintah Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota untuk menggalakkan promosi gemar membaca dengan tujuan meningkatkan literasi keluarga, satuan pendidikan, dan masyarakat.

“Saya mengucapkan selamat kepada para Bunda Literasi yang telah dikukuhkan dan saya mengharapkan dukungan dari para Bunda Literasi Se Kalimantan Tengah serta dari semua pihak agar cita-cita yang kita harapkan menjadi terwujud serta menjadi kenyataan.  Selain itu, saya juga berharap nantinya akan terjalin pula koordinasi antara Bunda Literasi dengan Perangkat Daerah, Organisasi Masyarakat, Taman Bacaan, Komunitas Literasi dan Komunitas lainnya dalam rangka peningkatan pembudayaan gemar membaca khususnya di Kalimantan Tengah”, jelas Ivo.

Berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Kalteng tanggal 8 Desember 2023, nama-nama Bunda Literasi yang dikukuhkan antara lain Bunda Literasi Kota Palangka Raya Hera Nugrahayu, Bunda Literasi Kabupaten Murung Raya Melsi Hermon, Bunda Literasi  Kabupaten Sukamara Hj. Agustina Kaspinor, Bunda Literasi Kabupaten Kapuas Agustina  Sri Rejeki Erlin Hardi, Bunda Literasi Kabupaten Katingan Sumiati Syaiful dan Bunda Literasi Kabupaten Barito Timur Melly Novita Indra Gunawan.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Provimsi Kalteng Nunu Andriani dalam laporannya menyampaikan Rapat Koordinasi Bunda Literasi Tingkat Provinsi  Kalteng Tahun 2023 mengambil tema “Bunda Literasi Sebagai Roda Pengerak dengan Strategi Kolaborasi antar Lembaga secara Holistik dalam Upaya Membudayakan Gemar Membaca dan Mempromosikan Perpustakaan Mendukung Kalteng Makin BERKAH”.

Kegiatan Rapat Koordinasi Bunda Literasi ini merupakan rangkaian kegiatan festival literasi yang telah dimulai sejak bulan Oktober dengan melaksanakan beberapa lomba antara lain lomba Perpustakaan Sekolah se-Kalteng, Pemilihan Desa/Kelurahan Literasi se Kalteng, Pemilihan Duta Baca Pelajar Kalteng, Resensi Buku, Diskusi Buku, Bazar Buku, Bazar UMKM, Expose TGM,& IPLM Inklusi Sosial, dan lain-lain.

“Melalui kegiatan hari ini, kami mengharapkan  kegemaran membaca serta kemampuan literasi di Kalimantan Tengah dapat meningkat”, tutup Nunu Andriani.

 

(Era Suhertini)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments