P. Raya

Peninggalan Kerajaan Kalteng Tak Kalah Dengan Kerajaan Lain

FOTO: PEMPROV

BERKUNJUNG KE ISTANA MANGKUBUMI - Plt Gubernur Kalteng Habib Ismail Bin Yahya saat berkunjung ke Istana Pangeran Mangkubumi, Minggu (01/11/2020)

 

PALANGKA RAYA – Saat berkunjung ke Istana Pangeran Mangkubumi yang terletak terletak di Desa Raja, Kota Pangkalan Bun, Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat, Provinsi Kalteng, Pelaksana Tugas (Plt) Kalimantan Tengah Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Habib Ismail Bin Yahya menilai bahwa kekayaan budaya dari peninggalan kerajaan Kalimantan tengah tak kalah dengan kerajaan lain di Indonsia.

 

“Inilah kekayaan budaya Kalimantan Tengah. Ternyata di Kalimantan Tengah ada juga kerajaan yang tak kalah dengan kerajaan lain di Indonesia,” ucap Plt Gubernur di sela kunjungannya, Minggu (01/11/2020)

 

Ia mengatakan, Pemerintah Provinsi Kalteng, melalui Program Pengelolaan Kekayaan Budaya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan telah melakukan studi kelayakan, pemugaran fisik, penataan lingkungan, dan pembuatan kolam pada tahun 1996-1997. Upaya perawatan jug telah dilakukan melalui Juru Pelihara Gusti Samudera yang meleset cagar budaya dari kerusakan dan kehilangan.

 

Kehadiran Plt Gubernur Kalteng dan rombongan menyambut beberapa anggota keluarga Kesultanan Kutaringin, salah satunya adalah Gusti Dian yang pada kesempatan hari ini turut menguraikan sejarah Kesultanan Kutaringin dan bangunan Istana Pangeran Mangkubumi.

 

Dijamu dengan sejumlah masakan khas Kalteng, Plt Gubernur menyampaikan bahwa peninggalan budaya ini perlu dijaga dan dilestarikan.

“Yang seperti ini harus dilestarikan dan kita semua menciptakan bisa makan di ruangan para raja, para mangkubumi,” tandasnya.

 

(EDY/JJ)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments