P. Raya

Peningkatan Sektor tanaman Pangan, hortikultura Dan Peternakan

PALANGKA RAYA - Acara Pembinaan Penyuluh Pertanian dan Petani Dalam Mendukung Peningkatan Produksi Padi dan Jagung di Kalimantan Tengah bertempat di Halaman Kantor Gubernur Provinsi Kalteng, Senin (12/11/2023).

Gubernur Provinsi Kalteng H. Sugianto Sabran dalam sambutannya mengatakan, sektor pertanian Kalteng secara umum menunjukkan pertumbuhan positif. Hal ini tidak terlepas dari peran tokoh-tokoh petani, kelembagaan pertanian serta para penyuluh pertanian yang tersebar dipedesaan. 

"Keberhasilan tersebut ditandai dengan Inflasi Kalteng yang tetap terkendali dan lebih rendah dari capaian inflasi nasional, dimana pada bulan September 2023 inflasi Kalteng sebesar 0,11 persen lebih rendah dari capaian nasional sebesar 0,19 persen dan program Nasional Food Estate yang terus diupayakan membantu pertumbuhan Indeks Pertanaman (IP) dan ekonomi petani, hal ini tergambar dari adanya Peningkatan Nilai Tukar Petani (NTP) dari tahun ketahun. Dimana sampai triwulan III (Oktober 2023) NTP sub sektor tanaman pangan, hortikultura dan peternakan telah mencapai 118,77 persen,"Ucap Sugianto Sabran.

“Salah satu tantangan yang dihadapi dalam pembangunan pertanian khususnya tanaman pangan adalah semakin berkurangnya Luas Baku Sawah (LBS), hal ini menjadi salah satu penyebab menurunnya produksi padi pada periode 5 tahun terakhir”, jelasnya.

"Lebih lanjut disampaikan oleh Gubernur,  dalam upaya terus meningkatkan produktivitas pertanian, pada tahun 2024 Pemerintah Provinsin Kalteng bekerjasama dengan Bank Kalteng akan meluncurkan program "Kartu Tani Berkah" melalui pemberian bantuan kepada petani berupa uang senilai Rp. 500.000,- untuk pembelian sarana dan produksi pertanian seperti pupuk, pestisida, kapur dan lain-lain,"Imbuhnya.

Gubernur menambahkan, untuk meningkatkan produksi padi telah diprogramkan pengembangan Beras Pera Varietas PB-42 dan Varietas Lokal Siam Epang. Untuk penanganan pasca panen dilakukan pembangunan RMP dan RTR serta alsintan seperti mesin pemanen dan mesin perontok padi.

Pengembangan komoditas jagung juga perlu lebih digalakkan, sejalan dengan adanya program pembangunan pabrik pakan kapasitas 30 ton/hari di Parenggean Kabupaten Kotawaringin Timur, dimana komoditas jagung merupakan salah satu bahan baku dari pakan ternak tersebut."

"Terakhir disampaikan, penyuluh sudah seharusnya menjadi garda terdepan pembangunan pertanian.“Walaupun disadari bahwa Kalteng masih kekurangan penyuluh, bahkan ada yang 1 penyuluh harus membina 2 kecamatan. Namun dengan keterbatasan ini Penyuluh tetap dituntut untuk bisa mendukung program peningkatan produksi pertanian”, tutupnya.

Kegiatan di hadiri oleh, Wakil Bupati Kalteng H. Edy Pratowo, Unsur Forkopimda Provinsi Kalteng, Ketua TP-PKK Provinsi  Kalteng Ivo Sugianto Sabran, Bupati Gunung Mas, Pj. Bupati Pulang Pisau, Pj. Bupati Kapuas, Pj. Bupati Katingan dan Pj. Wali Kota Palangka Raya, Unsur Forkopimda Kabupaten Gunung Mas, Pulang Pisau, Kapuas, Katingan dan Kota Palangka Raya, Para Kepala Perangkat Daerah dan Instansi Vertikal Provinsi dan Kabupaten/Kota, Pimpinan Perguruan Tinggi/Perbankan/BUMN/BUMD, Ketua beserta Pengurus Kontak Tani dan Nelayan (KTNA) dan PERHIPTANI serta Penyuluh Pertanian, Petani, Petani Millenial, Pengurus dan Anggota Kelompok Tani, Gabungan Kelompok Tani, Pengurus Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) dan Kelompok Wanita Tani (KWT).

 

(Era Suhertini)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments