P. Raya

Penurunan Stunting Tahun 2024 Diharapkan Mencapai Target

PALANGKA RAYA - Seminar Hasil Kajian Survey Percepatan Penurunan Stunting di Kalimantan Tengah Tahun 2023, bertempat di Ballroom M - Bahalap Hotel Palangka Raya, Selasa (27/6/2023).

Wagub Kalteng Edy Pratowo sekaligus Ketua Pelaksana TPPS saat membuka acara. Dalam sambutannya mengatakan bahwa pencapaian prevalensi stunting di Provinsi Kalimantan Tengah pada tahun 2022 sebesar 26,9%, telah mengalami penurunan 0,5% dari tahun 2021 yaitu sebesar 27,4%, sehingga menempati peringkat ke 11 tertinggi di Indonesia.

“Dalam upaya percepatan penurunan stunting melalui implementasi 5 Pilar Strategi Nasional (STRANAS), tentu memerlukan kerja keras dan sinergisitas dari semua pihak, termasuk mitra dan stakeholder terkait guna mencapai target 15,38% di tahun 2024” Ucap Edy.

“Oleh karena itu, dalam upaya percepatan penurunan stunting, strategi yang kita lakukan haruslah tepat sasaran, yang dimulai dari pencegahan untuk mencegah lahirnya anak stunting, hingga pemberian intervensi pada kasus stunting, baik intervensi spesifik maupun intervensi sensitif” sambungnya.

Lebih lanjut ia menyebut Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah mendukung berbagai program dan kegiatan percepatan penurunan angka stunting, salah satunya melalui Keputusan Gubernur tentang Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Provinsi Kalimantan Tengah.

“Diharapkan dengan tersusunnya struktur keanggotaan TPPS ini, dapat melakukan tugasnya dalam mengkoordinasikan, mensinergikan, dan mengevaluasi pelaksanaan program percepatan penurunan stunting di Provinsi Kalimantan Tengah” sebut Edy.

“Berkenaan dengan Hasil Evaluasi BPKP Tahun 2023 di Provinsi Kalimantan Tengah, diharapkan TPPS di semua tingkatan dapat segera menindak lanjuti sebagai bahan perbaikan, dan segera menyusun rencana kerja upaya percepatan penurunan stunting, dan sebagai wujud transparansi serta pertanggung jawaban pelaksanaan, TPPS agar segera menyampaikan Laporan Semester 1 paling lambat tanggal 1 Juli 2023” Tambahya."

Lebih lanjut Ketua TP-PKK Provinsi  Kalteng Ivo Sugianto Sabran menyampaikan sambutan pada Seminar Hasil Kajian Survey Percepatan Penurunan Stunting di Kalimantan Tengah Tahun 2023.

Narasumber pada kegiatan ini yaitu dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), dengan peserta yang hadir terdiri dari peserta off line sebanyak 100 orang dari TPPS Kabupaten/Kota se Kalteng, Dinas P3APPKB Kabupaten/Kota se Kalteng, serta Dinas/Instansi dan Lembaga terkait dalam percepatan penurunan stunting. Sedangkan peserta online berasal dari TP-PKK Kabupaten/Kota se Kalteng dan Ketua TPPS Tingkat Kecamatan se Kalteng, serta Satgas Stunting Kabupaten/Kota se Kalteng. 

 

(Era Suherti)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments