P. Raya

Persiapan, Plt Gubernur Tinjau Lagi Lokasi Food Estate

 

FOTO: MMC

TINJAU LOKASI - Plt Gubernur Kalteng Habib Said Ismail Bin Yahya meninjau lokasi food estate di Kabupaten Pulang Pisau dan Kabupaten Kapuas, beberapa waktu lalu.

 

PALANGKA RAYA – Untuk persiapan kunjungan Presiden RI Joko Widodo di Kawasan Food Estate, Pelaksana Tugas Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Habib Said Ismail Bin Yahya meninjau lokasi food estate di Kabupaten Pulang Pisau dan Kabupaten Kapuas, Rabu (1/10).

 

Habib Ismail mengharapkan, Desa Belanti Siam dapat menjadi pilot project program food estate, di mana pasang surut dan kualitas airnya bagus untuk pertanian serta budidaya ikan. Bahkan, peternakan nantinya juga akan menjadi bagian dari program food estate.

 

“Karena food estate itu bukan hanya padi, tapi semua tanaman dan ikan, makanan, peternakan, semuanya,”ungkapnya.

 

Kalteng harus bisa menjadi lumbung ketahanan pangan nasional dan diharapkan dengan adanya program food estate Bumi Tambun Bungai dikenal lebih maju dan bisa mandiri tidak kalah dari daerah-daerah lain.

 

Masyarakat khususnya para pemuda, untuk menyiapkan kompetensi atau keahlian, khususnya di bidang pertanian, perternakan, dan perikanan.

 

“Ayo, siap-siap nanti akan kita rekrut dan kita panggil dan kita berharap awal mula food estate ini. Benar-benar karya dari para putra daerah Kalteng,”tuturnya.

 

Sementara itu, Sekda Kalteng Fahrizal Fitri mengungkapkan bahwa sejauh ini kepala daerah sudah siap dengan kebijakan yang mendukung program food estate di wilayahnya.

 

“Karena tidak hanya di sektor tanaman pangan, di sektor peternakan juga akan dikembangkan secara besar-besaran.

 

Karena sudah ada permohonan untuk menyiapkan lahan 50 ribu hektare (Ha) dan kepala daerah Kabupaten Pulang Pisau sudah menyanggupi untuk 200 ribu Ha,” timpalnya.

 

Nantinya program food estate bisa dikembangkan di wilyah Kalteng lainnya. Jika ini berhasil, ini menjadi contoh bagi daerah-daerah lain. Karena yang menjadi pilot percontohan ini adalah Kapuas dan Pulpis, baru sebagian dari pada Kalteng.

 

“Maka nantinya sektor pertanian ini akan dikembangkan juga di daerah lain yang memiliki potensi,” ujarnya.

 

(EDY/JJ)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments