Kalteng

Petani Mitra Potensial Bagi Bumdes

FOYO: GIYA/HUMA BETANG
Ketua DPRD Seruyan Zuli Eko Prasetyo 

KUALA PEMBUANG - Dalam meningkatkan perekonomian dan ketahanan pangan nasional terutama bagi masarakat petani di derah bisa menggandeng Badan Usaha Milik Desa (BUMDES), untuk membantu distribusi hasil tani merek. Begitu disampaikan Ketua DPRD Seruyan Zuli Eko Prasetyo. Ia menyebut, petani bisa menjadi mitra yang potensial bagi Badan Usaha Milik Desa (Bumdes).

“Seperti kita ketahui bahwa hasil pertanian di Seruyan ini sudah cukup baik, seperti yang terlihat di Kecamatan Seruyan Hilir. Melihat itu saya yakin petani bisa menjadi mitra yang baik bagi Bumdes, ini juga sebagai solusi karena banyak petani yang mengeluh sangat kesulitan memasarkan hasil taninya,” ujarnya.

Menurut Ketua DPRD Seruyan ini, jika bisa terjalin kerja sama antara petani dan Bumdesmaka ini akan menjadi salah satu solusi yang bagus bagi kedua belah pihak. Seperti di Kabupaten Seruyan, jika sudah memasuki musim panen padi hasilnya sangat melimpah tapi juga menjadi sulit menjual hasil panen dan menjaga kesetabilan harga, karena di Seruyan belum Memiliki BUMD (Bandan Usaha Milik Daerah).

“Hal ini kan menjadi permasalahan buat para petani, diharapkan bagi Bumdes bisa memafaatkan hal ini untuk membantu para petani untuk memasarkan dan Bumdes bisa mendapatkan keuntungan memajukan masyarakat petani di desa,” harapnya.

Untuk kedepannya Eko, menyarakan agar Bumdes di Kabupaten Seruyan bisa lebih kereatif memafaatkan media sosial sebagai wadah promosi dan sarana jual beli. Karena media sosial sekarang sangat mudah diakses dan sangat digandrungi hingga bisa menciptakan peluang usaha serta bisa membangun kerjasama dengan pihak distributor-distributor lainnya baik dari dalam maupun dari luar kota.

“Perlu untuk diketahu juga ini merupakan saran kami juga kepemrintah daerah untuk bisa menghidupkan ekonomi kerakyatan dan meningkatkan perekonomian keluarga yang berbasis pertanian dan perkebunan,” pungkasnya.

 

(Giya/Altius)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments