P. Raya

Petani Sayur di Kalampangan Hasilkan Beberapa Jenis Sayuran

PALANGKA RAYA - kelurahan Kelampangan terletak di kecamatan Sebangau, 18 km sebelah utara Kota Palangka Raya. Kawasan ini menjadi tempat penghasil sayuran yang berhasil bagi kota Palangka Raya. Usaha kerja keras petani Kelampangan menjinakkan gambut dan menggunakan abu bakaran tanah gambut ternyata memiliki manfaat untuk memperbaiki kemasaman tanah.

Dengan memperhatikan lingkungan sekitar merupakan salah satu syarat untuk berhasilnya proses pertumbuhan sayur-sayuran. Pola tanam petani sayur di Kelampangan dengan cara mengubah lahan gambut menjadi lahan pertanian terbukti jika dilihat dari hasil sayur-sayuran yang sudah di panen.

“Jenis sayuran disini ada beberapa macam seperti kangkung,bayam, sawi, seledri, terong, timun, pare, dan  sebagainya. Untuk menanam beberapa jenis sayuran disini tentunya memiliki kendala juga seperti pH tanah yang sering turun naik sehingga berdampak bagi sayur-sayuran disini.” Ucap bapak Deni yang merupakan salah satu petani muda di daerah kelurahan Kelampangan, 27 Januari 2023.

Selain memiliki kendala pada pH tanah, petani sayur di kelurahan Kelampangan juga memiliki kendala dari hama yang menyerang sayur-sayuran yang sudah hampir bisa dipanen. Akibat adanya unsur hara yang terkandung dalam tanah bisa berpengaruh terhadap pertumbuhan sayur-sayuran.

“Mengatasi kendala seperti itu kami biasanya menggunakan kapur tanah untuk mengurangi kadar pH tanah dan bahan kimia untuk mengurangi hama-hama yang ada di sayuran>” Ucapnya

(Olivia Vutri)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments