Ekonomi

Plt Gubernur Ingin Adopsi Teknologi Lolit Sapi Potong Pasuruan

FOTO: BPKP

KUNJUNGI LOLIT SAPI - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Habib Ismail Bin Yahya saat melakukan kunjungan kerja ke Loka Penelitian Sapi Potong (Lolit Sapi) Grati, Kabupaten Pasuruan, Provinsi Jawa Timur, Kamis (19/11/2020).

 

 

PASURUAN, JAWA TIMUR - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Habib Ismail Bin Yahya melakukan kunjungan kerja ke Loka Penelitian Sapi Potong (Lolit Sapi) Grati, Kabupaten Pasuruan, Provinsi Jawa Timur, Kamis (19/11/2020).

 

Kunjungan kerja tersebut tujuannya untuk melihat serta menggali lebih banyak informasi dan ilmu pengetahuan tentang pengembangan sapi potong yang disertai dengan teknologi dan tata perawatan yang baik.

 

“Tujuan kami datang kemari adalah kami ingin melihat, belajar, dan mengadopsi sistem atau teknologi-teknologi pengembangan sapi potong yang ada di sini untuk dikembangkan di daerah kami di Kalimantan Tengah. Dengan memperhatikan potensi luas wilayah Kalimantan Tengah, banyak juga padang savana, beberapa bulan ini kami fokus untuk berkunjung ke daerah-daerah penghasil sapi di Indonesia,” kata Habib Ismail Bin Yahya.

 

Setiba di Lolit Sapi Grati, Kabupaten Pasuruan, Plt Gubernur Kalteng disambut oleh Kepala Dinas Peternakan Pasuruan, Plt Kepala Lolit Sapi, Kapolsek Grati, Danramil Grati, dan Camat Grati.

 

Tampak hadir mendampingi Plt Gubernur Kalteng dalam kunjungan kerja tersebut, Staf Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan SDM Herson B. Aden, Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan (TPHP) Kalteng Hj. Sunarti, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kalteng Aster Bonawaty, Plt Kepala Biro Perekonomian Setda Kalteng Said Salim, Plt Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setda Kalteng Sutoyo, dan Kepala BPTP Kalteng Syamsuddin

 

Habib Ismail mengakui bahwa saat ini metode peternakan sapi yang ada di Kalteng masih dilakukan secara tradisional. Ia mengungkapkan bahwa setelah mendengarkan penjelasan atau paparan dari pihak Lolit Sapi Grati, keinginannya semakin besar untuk melakukan kerja sama dengan pihak Lolit Sapi tersebut dalam hal penyediaan bibit-bibit unggul sapi potong.

 

Hal ini lebih lanjut dijelaskannya bahwa upaya ini dilakukan terutama demi mendukung penuh Program Food Estate atau Lumbung Pangan Nasional dari Pemerintah Pusat.

 

“Apalagi kami mendapat kepercayaan dari Pemerintah Pusat untuk melakukan Program Food Estate. Keberadaan peternakan seperti ini sangat mendukung Program Pemerintah Pusat Food Estate,” ujarnya.

 

Plt Kepala Lolit Sapi Grati, Dr Harwanto mengatakan Lolit Sapi Grati di Kabupaten Pasuruan ini merupakan unit pelaksana teknis Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Kementerian Pertanian yang berperan aktif melaksanakan program riset nasional dalam bidang sapi potong.

 

“Kami salah satunya lembaga penelitian sapi potong yang ada di Indonesia. Jadi kami dari Kementerian Pertanian, Balitbangban, khusus menangani sapi potong di Indonesia ya di sini ini. Oleh karena itu, semoga dengan silahturahmi ini kita akan semakin masif  bagaimana pengembangan sapi potong dan untuk kesejahteraan ternak kita,” kata Harwanto saat menyampaikan ucapan selamat datang kepada Plt Gubernur Kalteng beserta rombongan.

 

 

(EDY/JJ)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments