Kalteng

Plt Gubernur Serahkan Ventilator Untuk Barut

FOTO: BPKP
BANTUAN VENTILATOR - Pelaksana Tugas Gubernur Kalteng Habib Ismail Bin Yahya, dan diterima secara langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Barito Utara Siswandoyo, Selasa (29/9).

PALANGKA RAYA – Pelaksana Tugas (PlT) Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Gubernur Kalteng Habib Ismail Bin Yahya menyerahkan bantuan dua buah ventilator kepada  Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Barito Utara Siswandoyo, di ruang kerjanya, Selasa (29/9).  
“Kami berharap agar ventilator dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya untuk membantu pasien covid-19 yang membutuhkan,” kata Habib.
Siswandoyo pun menyampaikan ucapan terimakasih setunggi-tingginya atas perhatian Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov Kalteng).
Siswandoyo menjelaskan, penyebab kematian terbanyak pada penderita covid-19 adalah gagalnya fungsi paru. Pada saat paru pasien covid-19 tidak bisa berfungsi dengan baik, diperlukan alat bantu nafas yakni ventilator. Sayangnya ventilator pada banyak rumah sakit sangat terbatas dan tidak seimbang dengan jumlah pasien. Selama ini kebanyakan ventilator berada di ruangan ICU dan sulit dipindahkan, sehingga diperlukan ventilator portable yang mudah dimobilisasi.
“Angka kesembuhan dan angka kematian bisa diturunkan, jika fasilitas kesehatan, sumber daya manusia kesehatan dan peralatan medik sesuai dengan rasio pasien,” ungkapnya.
Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kalteng Suyuti Syamsul menyebut, sebagai upaya membantu ketersediaan ventilator di RSUD Muara Teweh, maka Pemprov Kalteng melalui Satgas Covid-19 menyerahkan bantuan dua buah ventilator tersebut. 
“Meningkatnya angka konfirmasi positif di Kabupaten Barito Utara menjadi  perhatian tersendiri  Satgas Covid-19 Kalteng. Memerlukan sinergi semua pihak, agar bisa mengurangi tingkat penyebaran. Selain berupaya mengurangi angka penyebaran infeksi, tidak kalah pentingnya adalah meningkatkan angka kesembuhan dan menurunkan angka kematian,” tandas Suyuti.

(BPKP/JJ)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments