Kapuas

PMK Mahakam Kapuas Masak 60 Kawah Bubur Asyura

KAPUAS - Aruh ganal group PMK Mahakam Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah kembali melaksanakan pembagian Bubur Asyura dalam rangka memperingati 10 Muharram 1446 Hijriah pada, Rabu 17 Juli 2024. 

Ratusan warga tampak tumpah ruah memadati markas PMK Mahakam di jalan Mahakam Kuala Kapuas untuk mendapatkan Bubur Asyura, sebuah tradisi yang sudah menjadi bagian dari peringatan Hari Besar Islam 10 Muharram.

Abu Yazid selaku panitia pembagian bubur Asyura PMK mahakam, menyatakan, pihaknya sangat senang bisa berbagi kembali dengan warga dalam rangka memperingati 10 Muharam 1446 Hijriah ini.

Tradisi membagikan bubur Asyura ini merupakan salah satu cara pihaknya untuk mempererat tali silaturahmi dan menjaga nilai-nilai kebersamaan di tengah masyarakat.

Menurut Abu Yazid Bubur Asyura yang dibagikan pihaknya kali ini sebanyak dua ratus empat puluh liter atau setara dua belas belek beras yang berhasil dimasak sekitar enam puluh kawah.

Proses pembuatan bubur dimulai sejak satu hari sebelumnya, dengan melibatkan puluhan sukarelawan yang dengan semangat bahu-membahu mengolah berbagai bahan makanan hingga menjadi bubur asyura yang lezat dan bergizi. Tradisi pembagian bubur Asyura ini diharapkan dapat terus dilestarikan sebagai salah satu bentuk kepedulian sosial dan rasa syukur kepada Tuhan. 

(Irfansyah/Yayan Wahyudi)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments