P. Raya

Polhut Garda Terdepan Dalam Pembangunan Lingkungan Hidup Dan Kehutanan

PALANGKA RAYA - Hari Ulang Tahun Polhut Ke- 57 Tahun (Polisi Kehutanan) Provinsi Kalteng Bertempat Di Balai Gakkum Palangka Raya, Provinsi Kalteng, Kamis (11/1/2024). Upacara peringatan Polhut Ke 57 dipimpin oleh Kepala Dinas Kehutanan (Kadishut) Kalteng, Agustan Saining, menjadi momen untuk merenungkan peran krusial Polhut dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup dan kehutanan. Demikian sambutan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya, dalam hal ini yang  di sampaikan  Kadishut Provinsi  Kalteng.

HUT Polhut ke-57 dianggap sebagai tonggak bersejarah, mencerminkan dedikasi dan komitmen Polhut dalam menghadapi ancaman terhadap sumber daya alam hutan dan keanekaragaman hayati.

“Tema Konsolidasi Peran Polhut Sebagai Garda Depan Dalam Pembangunan Lingkungan Hidup dan Kehutanan Berkelanjutan menjadi landasan penting untuk memperkuat peran Polhut sebagai garda terdepan,” ucapnya.

Kepala Polhut Republik Indonesia memberikan apresiasi tinggi kepada seluruh anggota Polhut di Indonesia atas komitmen, dedikasi, dan kinerja terbaik mereka. 

Menteri LHK menyoroti kompleksitas tugas dan risiko Polhut, namun dengan integritas dan semangat juang, mereka mampu menjaga kelestarian ekosistem, lingkungan hidup, dan keanekaragaman hayati.

Agustan Saining menambahkan, Mereka bukan hanya garda depan melawan ancaman terhadap hutan, tetapi juga patriots dengan semboyan ‘BUDHI BHAKTI WIRAWANA’, mencerminkan ksatria rimba yang berdedikasi tinggi dan berakhlak mulia.

Peran Polhut dalam mendukung Indonesian National Determined Contribution (INDC) melalui FOLU NET SINK 2030 ditekankan sebagai tanggung jawab bersama. Menteri LHK menekankan kerja sama lintas sektor, inovasi, dan pemanfaatan teknologi sebagai kunci penyelesaian.

Sementara Kepala Dinas Bidang Perlindungan dan Konservasi Sumber Daya Alam Ekosistem Dinas Kehutanan Kalteng Fritno mengatakan saat di temui di kantor Dinas Kehutanan Provinsi Kalteng, Menteri LHK memberikan arahan strategis untuk konsolidasi penguatan peran Polhut, termasuk penguatan kelembagaan, peningkatan kapasitas sumber daya manusia, peningkatan sarana prasarana, penguasaan teritori, dan peran sebagai pengawas kehutanan untuk kepatuhan. Semua langkah ini diarahkan untuk mewujudkan pembangunan lingkungan hidup dan kehutanan yang berkelanjutan,"Tuturnya.

"Peningkatan kesejahteraan Polhut menjadi fokus utama, mengingat tingginya beban kerja dan risiko yang dihadapi. Menteri LHK menutup sambutannya dengan pesan kebanggaan atas Dirgahayu Polisi Kehutanan Indonesia ke-57, mendorong seluruh anggota Polhut untuk terus menjaga kelestarian ekosistem alam demi keselamatan dan kesejahteraan Bangsa Indonesia serta masa depan Bumi Indonesia,"Jelasnya.

“Lindungi Hutan, Jaga Masa Depan, Wujudkan Pembangunan Lingkungan Hidup dan Kawasan Hutan Berkelanjutan,” tegasnya.

Pesan ini menjadi panggilan untuk semua pihak agar bersatu dalam menjaga keberlanjutan lingkungan hidup dan kehutanan.

Upacara HUT Polhut Ke 57 di hadiri oleh, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Joni Harta, Kepala Bidang Perlindungan dan Konservasi Sumber Daya Alam Ekosistem Dinas Kehutanan Kalteng Fritno serta jajaran.

 

(Era suhertini)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments