Barut

Polres Barut Gelar Apel Ketua Satuan Keamanan Lingkungan  dan Pengukuhan Polisi RW

MUARA TEWEH - Polres Barito Utara gelar apel ketua satuan keamanan lingkungan dan pengukuhan Polisi RW yang dipimpin langsung Kapolres Barito Utara, AKBP Gede Pasek Muliadnyana. Apel gabungan diikuti peserta dari Kodim 1013 Muara Teweh, Pol PP,  serta satuan lainnya yang dilaksanakan di halaman Mapolres Muara Teweh, Rabu (21/6/2023).

Kapolres Barito Utara, AKBP Gede Pasek Muliadnyana menjelaskan pengukuhan Polisi RW ini sesuai dengan regulasi yang telah ditetapkan dan memiliki tujuan dalam pengamanan di lingkup kerja yang telah ditetapkan.  Pelaksanaan Polisi RW tidak lain Untuk mencegah kejahatan dan kriminal ataupun juga bisa mengembangkan inovasi yang ada di masyarakat.

"Paling khusus kita sebagai anggota Polri yang tinggal di RT dan RW atau di kecamatan dikenal oleh masyarakat,’’ kata Kapolres Gede pasek Muliadnyana

Menurutnya, Polisi RW ini dapat mengembangkan inovasi yang ada di dalam masyarakat dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Misalnya, ada masyarakat yang membutuhkan bantuan Problem Solving terkait Kamtibmas serta membantu masyarakat dalam segala hal guna mendekatkan Polri dengan Masyarakat.

Kapolres juga menjelaskan,  Polisi RW dibentuk oleh Mabes Polri. Untuk Barito Utara, minimal 30 persen kehadiran Polisi RW, namun untuk wilayah Barito Utara, telah dibentuk 60 Polisi RW dari 80 Rw yang ada.

"Harapannya dengan dibentuknya polisi RW dapat mendeteksi persoalan terkecil di tengah masyarakat,"kata Gede Pasek Muliadnyana.

Sekretaris Daerah, Drs. Muhlis, menambahkan bahwa pemkab Barito Utara mendukung penuh kegiatan pembentukan Polisi RW dalam rangka menciptakan kondisi yang kondusif dalam wilayah kerja.

"Seiring dengan meningkatkan pembangunan harapan kamtibmas dapat terjaga dan situasi tetap kondusip,"kata Muhlis.

 

(Syarbani)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments