Kalteng

Posyandu Mutiara Satu Sudah Aktif

FOTO: GIYA/HUMA BETANG
POSYANDU - Posyandu Mutiara Satu Desa Pematang Panjang Kecamatan Seruyan Hilir Timur, Kabupaten Seruyan sudah aktif melakukan kegiatan rutin melakukan penimbangan balita, Selasa (05/05/2021).

SERUYAN – Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) Mutiara Satu Desa Pematang Panjang Kecamatan Seruyan Hilir Timur, Kabupaten Seruyan sudah aktif melakukan kegiatan rutin sebulan sekali. Posyandu sudah memberikan pelayanan penimbangan berat badan, mengukur perkembangan tinggi badan anak dan pemberian imunisasi kepada balita. Kegiatan ini didampingi langsung oleh petugas kesehatan dari puskesmas setempat.

“Balita di sana (Desa Pematang Panjang Kecamatan Seruyan Hilir Timur, Kabupaten Seruyan, Red) sudah cukup baik. Tidak ada balita yang mengalami gizi buruk,” kata Nur Ita AMG, yang dikenl sebagai tenaga ahli dalam bidang gizi untuk balita di sana, Selasa (05/05/2021).

Kendati pun, di Posyandu Mutiara satu ini hanya ditemukan satu kejadian, berat badan pertinggi badan yang tidak stabil. 

“Untuk itu, dilakukan pemberian makanan tambahan  berupa  pemberian biskuit dan susu untuk tamabahan asupan kepada anak, atau baliata tersebut sebagai pencegahan terjadinya gizi buruk,” paparnya.

Ia menjelaskan, posyandu ini merupakan upaya pemerintah untuk memudahkan masyarakat Indonesia memperoleh pelayanan kesehatan ibu dan anak. 

“Tujuan utama posyandu adalah mencegah peningkatan angaka kematian ibu dan bayi saat kehamilan, persalinan, atau setelahnya melalui pemberdayaan masyarakat,” jelasnya. 

Dia juga mengatakan ada empat indikator yang menjadi kategori bahwa balita itu dikatakan mengalami gizi buruk yaitu, BB/TB (berat badan/ tinggi badan) dan IMT/U (indeks masa tubuh menurut umur) tidak sesuai dengan umurnya.

 

(Giya/Altius Utama)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments