Ekonomi

Praktisi Kopi Puji PDI Perjuangan Angkat Kearifan Lokal lewat Lomba Barista Kopi Bali.

TABANAN - Upaya PDI Perjuangan Provinsi Bali memperkuat, melestarikan, dan mengembangkan serta mengangkat produk-produk kearifan lokal Bali lewat Lomba Barista Kopi Bali, diapresiasi praktisi kopi asal Surabaya, Vivi.

Ditemui disela babak grand final Lomba Barista Kopi Bali di Gedung Kesenian Mario, Tabanan, kemarin, Vivi mengungkapkan rasa bahagianya kepada PDI Perjuangan yang menaruh perhatian besar terhadap upaya untuk mengembangkan potensi-potensi pertanian khususnya kopi Bali.

“Saya ini bukan orang Bali tapi saya sangat mengagumi Bali. Jadi kalau ada lomba semacam ini yang mengangkat potensi kearifan lokal itu adalah sesuai nilai plusnya sangat tinggi,” kata Vivi yang juga salah satu dewan juri dari Lomba Barista Kopi Bali ini.

Ia mengatakan, Bali selama ini mengandalkan ekonominya dari sektor pariwisata, seharusnya dapat melihat potensi-potensi di luar pariwisata seperti pertanian, salah satunya. Ketika pariwisata terpuruk seperti saat ini akibat pandemi Covid-19, sektor pertanian bisa menjadi pilihan bagi masyarakat untuk menopang ekonomi.

“Harus digali apa yang ada di luar pariwisata yang bisa menimbulkan dampak positif, apalagi pariwisata saat ini sedang terpuruk maka cara seperti ini jadi sesuatu yang bisa digunakan sebagai jendela untuk menunjukkan kepada wisatawan bahwa Bali itu bukan cuma pariwisata tapi Bali punya produk pertanian yang luar biasa. Ini loh produk lokal seperti kopi Bali,” tutur Head Judge Lomba Barista Kopi Bali ini.

 

 

(PDIPerjuanganNews/Tinus)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments