P. Raya

Program Pembangunan Keluarga Komprehensif Dan Pencegahan Stunting

PALANGKA RAYA - Pelaksana Tugas Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Tengah Dr. Dadi Ahmad Roswandi, M.Si menjadi narasumber utama pada kegiatan Rapat Koordinasi Pelaksanaan Program Ketahanan Keluarga Anti Narkoba dan Pencegahan Stunting - yang diselenggarakan Badan Narkotika Nasional Kota Palangka Raya, dengan materi “Ketahanan Keluarga Untuk Pembangunan, Kesejahteraan Masyarakat dan Pencegahan Stunting “di Hotel Batu Suli Internasional Palangka Raya yang diikuti pada Penyuluh Narkoba, relawan dan kader cegah narkoba, Selasa 14 Februari 2023.

Dalam paparanya Dr. Dadi antara lain menjelaskan bahwa keluarga adalah lingkungan pertama dan utama dalam pembinaan tumbuh-kembang, menanamkan nilai-nilai moral dan pembentukan kepribadian dan tempat belajar bagi anak dalam mengenal dirinya sebagai mahluk social. Hanya keluarga yang berketahanan yang akan mampu menepis pengaruh negatif  yang datang dari luar. Keluarga yang berketahanan dan mampu melaksanakan fungsi-fungsi keluarga dapat menjadi landasan dalam mewujudkan keluarga Bahagia sejahtera. Selain itu dipaparkan juga terkait definisi stunting, ciri ciri , dampak dan cara pencegahannya.

Lebih lanjut Dr. Dadi memaparkan bahwa Program Ketahanan Keluarga lainnya mencakup 4 program yaitu Bina Keluarga dan Anak (BKB), Bina Ketahanan Remaja (PIK Remaja dan BKR), Pemberdayaan Ekonomi Keluarga (UPPKA) dan Bina Keluarga Lansia dan Rentan (BKL &PPKS).

Di akhir paparan Dr. Dadi menyimpulkan bahwa melalui Program Pembangunan Keluarga yang komprehensif pencegahan Stunting dapat meningkatkan kualitas keluarga yang berkarakter untuk menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) guna mewujudkan Indonesia Emas 2045.

(Era Sugesti)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments