Barut

PT.BEK Ekspose Konsultasi Publik Rencana Program Mine Closure

MUARA TEWEH - Perusahan tambang PT.Bharinto Ekatama yang punya konsesi PKP2B di wilayah Kecamatan Teweh Timur, telah melaksanakan kegiatan konsultasi publik rencana program Mine Closure, di aula setda, Rabu (15/3/2023).

Kegiatan dipimpin oleh asisten bidang pembangunan dan ekonomi Gazali dan Yaser Arafat asisten III serta Hery Jon Setiawan Kabag Pembangunan. Kepala Tekink tambang PT.BEK Prayonon Suryadi mengatakan, perusahaan telah mendapat ijin konsesi tahun 2020, sehingga dalam melakukan penambangan harus mendapatkan ijin.

Menurutnya, rencana kegiatan pasca tambang dengan memberdayakan masyarakat di sekitar tambang, di wilayah Kecamatan Teweh Timur.

Menurutnya,Luas areal 17.311 hektar yang mempunyai ijin sejak tahun 2012 dimana luas areal sebagian besar di Kabupaten Kutai Barat,Kalimantan Timur. Sedangkan untuk wilayah Barito Utara hanya sebagian saja.

CD Planner Indo Tambangraya Megah Firda Diartika  mengatakan, rencana kerja pasca tambang dengan integrasi rencana program pengembangan masyarakat untuk wilayah Barito Utara. Selain itu juga dengan rancangan program pemberdayaan masyarakat.

Perusahaan dalam menyusun rencana kerja juga melihat program daerah sesuai dengan RPJMD Kabupaten Barito Utara. " Jadi kita melaksanakan perencanaan terintegrasi dengan pembanguan daerah," ungkapnya.

Perusahaan dalam melaksanakan juga terkonsep sesuai dengan wilayah, untuk Benangin nantinya selain pertanian juga pembangunan sentra Agropolitan. Program ini juga dengan memanfaatkan pelaku UMKM.

Selain itu pembangunan juga disesuaikan dengan RTRWP yang ada. Begitu juga dengan wilayah resiko bencana alam rendah, karena didominasi dataran rendah dan sungai.

Setelah melakukan paparan, masing masing dinas instansi melakukan tanya jawab dengan perusahaan seputar kegiatan pasca tambang yang akan dilakukan oleh PT.BEK khususnya di wilayah operasi di Desa Benangin I, Benangin III dan Benangin V. Kecamatan Teweh Timur.

(Syarbani)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments