Kapuas

Puluhan Raider Meriahkan Katinting Race 2024 Di Kabupaten Kapuas

KAPUAS - Sebanyak tujuh puluh lima raider dari berbagai daerah di Kalimantan Tengah mengikuti event katinting race 2024 di Kabupaten Kapuas pada, Jumat 26 Januari 2024. Katinting race atau lomba balap perahu tradisional katinting yang digelar di perairan sungai kapuas murung dibuka secara resmi Oleh Staf Ahli Bupati Kapuas, Dokterandes Yunabut Mewakili Penjabat Bupati Kapuas Erlin Hardi. 

Acara pembukaan katinting race 2024 ini juga dihadiri langsung Dewan Pembina Komunitas Katinting Kalimantan Tengah,Haji Nadalsyah dan unsur forum komunikasi pimpinan daerah Kapuas.

Staf Ahli Bupati Kapuas, Dokterandes Yunabut, dalam sambutannya mengatakan bahwa pemerintah Kabupaten Kapuas merasa mendapat kehormatan yang luar biasa, karena penggemar olahraga katinting, terkhusus Haji Nadalsyah selaku dewan pembina berkenan menyelenggarakan event katinting race ini secara perdana di Kabupaten Kapuas.

Sementara itu Dewan Pembina Komunitas Katingting Kalimantan Tengah, Haji Nadalsyah, menjelaskan katinting adalah merupakan kendaraan air yang digunakan oleh para nenek moyang dahulu dalam hal berusaha.

Dengan dilaksanakannya lomba balap katinting ini secara tidak langsung, kata Nadalsyah kita mengenang kendaraan yang digunakan oleh nenek moyang kita dulu. Oleh karena itu pihaknya akan terus melestarikan dan promosikan dengan menggelar event balap perahu katinting di berbagai daerah di Kalimantan Tengah. 

Sedangkan Muhammad Abidin selaku Ketua Komunitas Katinting Kalimantan Tengah,berharap pemerintah dapat mendukung komunitas katinting untuk lebih maju lagi. 

Katinting race 2024 yang dilaksanakan di Kabupaten Kapuas diikuti sebanyak tujuh puluh lima peserta dari berbagai kabupaten di Kalimantan Tengah. Khusus untuk peserta dari Kabupaten Kapuas diwakili raider dari Desa Dadahup, mantangai dan Desa Manusup.

 

(Irfansyah)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments