Kapuas

Puskesmas Pulau Kupang Kapuas Gelar Pemeriksaan IVA Dan Sadanis

KAPUAS - Dalam rangka memperingati hari kanker sedunia, puskesmas pulau kupang Kecamatan Bataguh, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah menggelar pemeriksaan IVA dan sadanis, pada sabtu 5 februari 2022 kemarin.

Pemeriksaan IVA dan sadanis yang dilaksanakan oleh puskesmas pulau kupang, Kecamatan Bataguh, Kabupaten Kapuas diikuti puluhan warga, khususnya para kaum ibu.

Pemeriksaan dilakukan bertujuan untuk mendeteksi dini penyakit kanker serviks dan kanker payudara pada wanita.

Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat bersama Ketua Tim Penggerak Pkk Kapuas, Ary Egahni Ben Bahat dan Camat Bataguh Syuryadin meninjau langsung kegiatan pemeriksaan iva dan sadanis di puskesmas pulau kupang tersebut.

Pelaksana tugas kepala puskesmas pulau kupang. Yoesthina mengatakan,  pemeriksaan IVA dan sadanis ini dilaksanakan dalam rangka memperingati hari kanker sedunia tahun 2022.

Pemeriksaan diikuti sebanyak enam puluh tiga orang peserta yang berasal dari delapan desa di wilayah kecamatan bataguh. Menurut Yoesthina dari empat puluh empat orang peserta yang telah diperiksa pihaknya, ditemukan satu orang peserta yang terindikasi mengarah ke kasus kanker.

Selanjutnya satu orang peserta yang terdeteksi tersebut dirujuk ke rumah sakit umum daerah dokter haji soemarno sostroatmodjo kuala kapuas untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Sementara itu Ketua Tim Penggerak Pkk Kabupaten Kapuas, Ary Egahni Ben Bahat sangat menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan pemeriksaan iva dan sadanis ini karena bertujuan untuk mendeteksi dini kanker serviks dan kanker payudara.

Menurut Ary Egahni dilakukannya pemeriksaan IVA dan sadanis ini adalah untuk menghargai bahwa perempuan juga mempunyai posisi strategis terhadap bangsa ini sebagai pilar untuk mendukung negara indonesia terus bangkit dan maju.

Untuk itu Ary pun menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Kapuas dan jajaran Pemerintah Kabupaten Kapuas yang telah menginisiasi pemeriksaan IVA dan sadanis tersebut karena sebagai bentuk penghargaan bagi kaum perempuan.

(Irfansyah)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments