P. Raya

RAKERNAS Aliansi BEM Kristiani Pertama Seluruh Indonesia Melahirkan Sejumlah Rekomendasi

PALANGKA RAYA - Menjelang Pesta Rakyat Indonesia 2024, Rapat Kerja Nasional BEM KSI Dengan Tema "Kolaborasi Mahasiswa dalam mengawal Pemilu 2024 Dengan Nilai-Nilai Kebangsaan, Adapun  yang hadir dalam kegiatan Rapat Kerja Nasional BEM KSI 60 kampus dengan total peserta 200 orang yang berlangsung 17 Febuari  hingga 19 Febuari 2023.

Koordinator Pusat Badan Eksekutif Mahasiswa Kristiani Seluruh Indonesia, Charles Gilbert mengatakan “Kita harus mengantisipasi hal-hal yang telah terjadi pada tahun-tahun sebelumnya, seolah - olah Pesta Rakyat ini menjadikan momentum untuk memecah belah persatuan bangsa Indonesia. Kita tidak mau bangsa yang besar ini runtuh gara-gara merebut kekuasaan, kami dari BEM KSI menyambut Pesta Rakyat ini,diatas segalanya kepetingan bangsa,jadi jangan ada yang menyebarkan issue Sara dan sebagainya."

Marselinus Darman selaku ketua Pelaksana menambahkan, salah satunya adalah meminimalisir gesekan dari issue Sara, hoax hanya karena beda pilihan politik. Sementara itu, Presiden Mahasiswa Universitas Kristen Palangka Raya Ariski dalam sambutannya berharap dalam momentum kegiatan Rapat Kerja Nasional BEM KSI Siap mengawal Pemilihan umum ditahun 2024.

Disisi lain Rektor Universitas Kristen Palangka Raya,Dr.Benius,MM, dalam sambutannya menyampaikan pesan bahwa, BEM Kristiani Seluruh Indonesia harus ikut terlibat dalam proses pengawalan pemilu ditahun 2024 mulai dari ikut mensosialisasikan tentang Pemilu kepada masyarakat.

Kapolda Kalimantan Tengah melalui Kasubit Bidang politik AKBP Yoyo  Riswandi,S.H,.M.AP juga berharap mahasiswa ikut aktif dalam membagi informasi yang benar-benar valid, ketika mensosialisasikan  kepada masyarakat,

“Kami  dari dari kepolisian Kalimantan Tengah sangat apresiasi atas tema yang diusung oleh rekan-rekan BEM Kristiani Seluruh Indonesia,” ujar AKBP Yoyo  Riswandi,S.H,.M.AP .

Adapun dari kegiatan Rapat Kerja Nasional BEM Kristiani Seluruh Indonesia yang mengusung tema “ kolaborasi Mahasiswa Kristiani Seluruh Indonesia (BEM KSI) dalam mengkawal pesta rakyat di tahun 2024” mengahasilkan beberapa rekomendasi yang disepakati oleh forum dan ditetapkan dengan beberapa issue yang akan siap dikawal yaitu : 

1. Mendesak Komisi Pemilihan Umum RI untuk terus  bersosialisasi tentang PERPU No. 1 Tahun 2022 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum baik tingkat pusat maupun daerah.

2. Mendukung Kepolisian Republik Indonesia, untuk bertindak tegas kepada oknum yang dengan sengaja melakukan  kampanye hitam, hoaks, dan politik uang dalam menyambut pesta rakyat 2024

3. Mengajak & Mendorong Seluruh Elemen Mahasiswa, Pemuda & Masyarakat untuk terlibat aktf dalam  proses tahapan pemilihan umum. 

 

(Aleksis) 

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments