P. Raya

Rapat Komitmen Bersama ASN Dislutkan Prov. Kalteng Tahun 2023

PALANGKA RAYA - Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislutkan) Prov. Kalteng Darliansjah memimpin Rapat Komitmen Bersama Aparatur Sipil Negara (ASN) Dislutkan Prov. Kalteng Tahun 2023, Senin 30 Januari 2023.

Dalam kesempatan ini dilakukan paparan Komitmen Bersama Bidang dan UPT oleh masing-masing Kepala Bidang dan Kepala UPT, yang dilanjutkan dengan penandatanganan Komitmen Bersama ASN Dislutkan Prov. Kalteng Tahun 2023.

Kepala Dislutkan Darliansjah menyampaikan bahwa sesuai arahan Sekretaris Daerah (Sekda) Prov. Kalteng Nuryakin pada Apel Besar yang telah diikuti sebelumnya, agar seluruh ASN Dislutkan Prov. Kalteng selalu meningkatkan kedisiplinan dalam melaksanakan tugas dan fungsinya. Selain itu, Kepala Dislutkan juga mengingatkan agar dapat membangun jejaring dengan stakeholder terkait termasuk kabupaten/kota untuk meningkatkan sinergisitas sehingga dapat mencapai keberhasilan dalam melaksanakan program dan kegiatan.

Darliansjah mengatakan, "Saya mengajak kita semua untuk menanamkan dalam diri kita untuk berkomitmen dalam pelaksanaan tugas dengan menerapkan core values BerAKHLAK (Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, Kolaboratif) dan SUKA IKAN (Sinergis, Unggul, Kompetitif, Andalan, Inovatif, Kreatif, Ahli, Networking)  serta meyakini bahwa seluruh program dan kegiatan dapat kita laksanakan dengan baik, terukur dan dapat melampaui target."

Darliansjah pun menambahkan bahwa kelautan dan perikanan merupakan salah satu sektor yang harus diperhatikan dalam peningkatan dan pengembangan sektor pangan dalam memenuhi kebutuhan pangan masyarakat khususnya di Kalimantan Tengah. Sesuai dengan arahan Gubernur Kalteng Sugianto Sabran agar program dan kegiatan kelautan dan perikanan dapat dilaksanakan secara optimal antara lain operasionalnya Shrimp Estate sebagai model dan trigger dalam meningkatkan produksi Udang Vaname Kalteng yang mampu memberikan kontribusi terhadap ekspor nasional, dan ikan patin juga mampu menjadi komoditas ekspor untuk pemenuhan kebutuhan Umroh dan Ibadah Haji di Saudi Arabia.

“Salah satu program yang digagas oleh Gubernur Kalteng Sugianto Sabran adalah dengan adanya pemberian bantuan jaminan keselamatan kerja atau santunan (sakit, kecelakaan, dan meninggal dunia) bagi seluruh pelaku usaha perikanan Kalteng dalam melakukan usahanya, serta terbangunnya Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik atau SPBE bidang kelautan dan perikanan untuk memudahkan perumusan kebijakan dan program,” ucap Darliansjah.

Salah satu hal yang juga disampaikan Kepala Dislutkan Prov. Kalteng ini kepada para ASN yang ditempatkan di UPT kabupaten adalah agar para ASN di UPT tetap disiplin melaksanakan tugas dan pekerjaannya sesuai dengan aturan yang berlaku, sehingga dapat meningkatkan produksi perikanan dan pelayanan optimal kepada stakeholder terkait, terutama para nelayan.

(Deddi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments