P. Raya

Rapat pembangunan SPBE sektor KP, Dukung Program Gubernur Kalteng

PALANGKA RAYA –  Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislutkan) Prov. Kalteng melakukan pendataan terhadap data dan informasi sektor Kelautan dan Perikanan (KP) yang dapat dikembangkan melalui SPBE. Kepala Dislutkan Prov. Kalteng H. Darliansjah memimpin rapat pembangungan SPBE sektor KP di Aula Dislutkan Prov. Kalteng pada Selasa 18 Januari 2022.

“Dinas kita saat ini telah memiliki beberapa sistem informasi berbasis elektronik yaitu website resmi dislutkan.kalteng.go.id, website geoportal-lautberkah.kalteng.go.id, website sisiikan-dislutkan.kalteng.go.id, aplikasi PPID Mobile berbasis android, dan aplikasi E-Book Buku Pintar Dislutkan. Untuk itu, perlu diperhatikan kembali apa saja data dan informasi penting yang harus disediakan secara up to date dan mudah diakses bagi pemangku kepentingan maupun masyarakat,” ucap Darliansjah.

Teknologi 4.0 merupakan istilah yang sedang trending saat ini untuk menggambarkan perkembangan industri teknologi ke tingkat yang lebih tinggi dengan bantuan teknologi. Dalam revolusi industri 4.0, perubahan yang terjadi akibat penggunaan sistem teknologi untuk lebih memudahkan berbagai kegiatan manusia. Manfaat revolusi industri 4.0 ini antara lain adanya efisiensi kerja, serta kemudahan dalam memperoleh informasi kapan saja dan dimana saja melalui jaringan internet.

Pemprov. Kalteng memandang bahwa teknologi 4.0 sangat bermanfaat bila diterapkan dalam sistem pemerintahan. Untuk itu, Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran menggiatkan program Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) atau yang lebih dikenal dengan istilah E-Government. 

SPBE adalah penyelenggaraan pemerintahan yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memberikan layanan kepada pengguna SPBE. Hal ini seperti yang tertuang pada Peraturan Presiden No. 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik. SPBE ditujukan untuk untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, dan akuntabel serta pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya.

Pertemuan ini diikuti oleh Kepala Bidang dan Kepala Seksi/Kepala Sub Bagian Lingkup Dislutkan Prov. Kalteng serta JFT yang ada di Dislutkan Prov. Kalteng. Dalam pertemuan ini dibahas tentang pemantapan SPBE yang akan dikembangkan di tahun 2022 serta arahan tentang kerja sama di bidang perikanan budidaya dan perikanan tangkap.

(Deddi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments