P. Raya

Releas Badan Pusat Statistik Terkait Inflasi : Pengendalian Harga Sembako Di Pasar

PALANGKA RAYA  -   Rapat Evaluasi Pengendalian Inflasi , Tim Pengendalian Onfkasi Daerah (TIPD) Provinsi Kalteng. Terhadap Hasil Rilis Badan pusat Statistik (BPS) Terkait Inflasi Kalteng Bulan April Tahun 2023, Bertempat di Ruang Rapat , Bajakah Kantor Gubernur Provinsi kalteng, Kamis (4/5/2023).

Eko Marsono Kepala BPS Provinsi Kalteng mengatakan kondisi inflasi nasional relatif terkendali di bulan April Tahun 2023, yakni 4,33 persen, Tingkat inflasi Tahunan 2023 relatif rendah di bandingkan inflasi tahunan maret 2023," Kata Eko."

Lebih lanjut Eko menyampaikan inflasi pada bulan April Tahun 2023, di Kalteng mengalami penurunan yakni 4, 85 persen. Pada bulan maret 2023 inflasi di Kalteng saat Ramadhan dan lebaran tahun 2023 relatif rendah dibandingkan lebaran tahun 2022. Hal itu di pengaruhi oleh pasokan komoditas Maret April dan beberapa penurunan harga komoditas karena stok barang relatif aman dipasaran.

Pada kesempatan yang sama Kepala BI Taufik Saleh menyampaikan ada beberapa komoditas yang menunjukkan peningkatan harga pada awal  Mei 2023 yakni beras, bawang merah, bawang putih, cabai merah, ikan dan sayur yang dipengaruhi siklus pasokan dan naiknya permintaan.

Leonard S.Ampung saat diwawancari mengatakan, inflasi di kalteng masih di bawah angka 4.85 persen dan kondisi paska Ramadhan masih terkendali dengan baik, “nanti kita akan antisipasi kedepannya dengan panen beras, karena saat ini harga beras cenderung naik dan stok bulog berkurang. Kita masih menunggu suplay Bulog 7 ribu ton,” Ucap Leo.

Leo berharap di bulan Mei 2023 ini TPID Provinsi kalteng bisa bekerja lebih maksimal lagi dan berkoordinasi dengan TPID Kabupaten/Kota. Upaya pasar penyeimbang dan operasi pasar akan dimaksimalkan lagi, “Kita harus menjaga stok pangan dan  juga ke stabilan harga ,emas perhiasan dan rokok filter,” Tutur Leo.

Hadir dalam kegiatan Kepala Perum Bulog Divre Kalteng Budi Cahyanto, Kepala Dinas Nakertran Provinsi Kalteng Farid Wajdi, Kepal Biro Ekonomi Setda Provinsi Kalteng Said Salim, Sales Branch Manager 1 PT. Pertamina Cabang Kalteng M. Abdillah, Serta TPID Provinsi dan TPID Kota Palangka Raya,

(Era Suherti)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments