P. Raya

Revitalisasi Fokuskan 8 Bahasa Daerah  Dayak

PALANGKA RAYA - Festival Tunas Bahasa Ibu Provinsi Kalteng Tahun 2023, bertempat di Bahalap Hotel, Jl. RTA Milono,  Palangka Raya, Provinsi Kalteng, Selasa (21/11/2023).

Festival Tunas Bahasa Ibu Provinsi Kalteng 2023 dibuka secara resmi  oleh Plh. Kepala Dispursip Provinsi Kalteng  Arthur Mukkun,  menyampaikan revitalisasi bahasa daerah dilakukan untuk menempatkan kembali bahasa daerah di ranah yang semestinya.

“Komunitas dan generasi muda yang menjadi sasaran kegiatan ini wajib mengenali dan memahami bahasa dan budayanya. Mereka harus diperkenalkan dan didekatkan sesering mungkin kepada bahasa ibunya”, Ucap  Arthur.

Lebih lanjut disampaikan, Balai Bahasa Provinsi Kalteng bekerjasama dengan Pemerintah Daerah di 14 Kabupaten/ Kota, kembali melaksanakan revitalisasi yang difokuskan kepada delapan bahasa yaitu Bahasa Dayak Ngaju, Bahasa Maanyan, Bahasa Ot Danum, Bahasa Melayu Kotawaringin, Bahasa Dayak Siang, Bahasa Dayak Bakumpai, Bahasa Dayak Katingan dan Bahasa Dayak Sampit. 

“Kita berusaha semaksimal mungkin agar budaya kita, budaya Dayak termasuk Bahasa Dayak agar tidak hilang begitu saja tetapi terlindungi, terlestarikan agar lebih kuat dan bermanfaat”, imbuhnya.

Sementara, Kepala Balai Bahasa Provinsi Kalteng Muhammad Muis dalam sambutannya menyampaikan revitalisasi bahasa daerah ini dilaksanakan selama 3 (tiga) hari pada tanggal 21 s.d. 23 November 2023 dengan fokus bahasa Dayak Ngaju.

Pembukaan Festival Tunas Bahasa Ibu Provinsi  Kalteng dihadiri  oleh, Kepala Perangkat Daerah Provinsi Kalteng terkait, Kadisdik dan Kadisbudpar di beberapa kabupaten/ kota diantaranya Kabupaten Kapuas, Kabupaten Katingan, Kabupaten Pulang Pisau, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kabupaten Seruyan, Kabupaten Gunung Mas dan Kota Palangka Raya, dewan Juri.

 

(Era Suhertini)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments