Business

Rumah Betang Sambung Sirang Desa Karamuan Kondisinya Memprihatinkan

BARITO UTARA  - Rumah Betang Sambung Sirang, Desa karamuan, Kecamatan Lahei Barat, Kabupaten Barito Utara, kondisinya kini sangat memprihatinkan. Bangunan yang sudah lapuk termakan usia itu memerlukan uluran tangan dari pemerintah.

Rumah betang ini memiliki  panjang kurang lebih lima puluh meter dengan lebar delapan meter, terdiri dari sembilan kamar semuanya telah dihuni warga setempat. Namun kondisinya selain atap yang bocor, juga lantai dan dinding banyak yang rusak, sehingga nampak rumah betang peninggalan atau warisan budaya itu terkesan dibiarkan.

Yumadi ketua pengurus betang sambung sirang, sangat mengharapkan perbaikan karena sejak belasan bahkan puluhan tahun rumah adat tersebut hanya sekali tersentuh perbaikan.  Itupun hanya pergantian atap saja.

Kepala dinas pariwisata pemuda, olah raga dan kebudayaan, kabupaten barito utara annisa cahyawati mengatakan, memang pernah warga mengusulkan rehabilitasi rumah betang desa karamuan. Namun usulan itu masih terkendala anggaran, apalagi masalah ini memerlukan koordinasi dengan pihak kalimantan timur.

(Mardedi/Syarbani)

 

 

 

You can share this post!

Ratusan Warga Pengrajin Rotan Kehilangan Sumber Penghasilan

Ratusan Warga Pengrajin Rotan Kehilangan Sumber Penghasilan

0 Comments

Leave Comments