P. Raya

Ruselita Kritik Strategi Pemerintah: Bantuan Sembako Rendah Gizi Tidak Solusi Stunting

PALANGKA RAYA - Adanya kritikan pendekatan pemerintah yang memberikan bantuan sembako rendah gizi sebagai upaya untuk menurunkan prevalensi stunting. Hal tersebut disampaikan salah satu Anggota DPRD Palangka Raya, Ruselita.

Melalui pesan WhatsApp kepada media Huma Betang pada Sabtu, 22/10/2023, Ia mengatakan, “ Persoalan stunting adalah masalah nasional yang memerlukan upaya serius dan komprehensif. Ini bukan masalah yang bisa diatasi dengan cara instan seperti pembagian sembako. Terlebih jika isinya adalah makanan minim gizi, hal ini tentu saja tidak relevan dan tepat sasaran," ucapnya.

Ia mengatakan, yang terjadi dilapangan menurutnya masih ada unsur pemerintah yang memberikan bantuan untuk mencegah stunting dalam bentuk makanan minim gizi, hal ini dianggap kurang relevan dan agak aneh, juga memalukan.

Katanya sudah saatnya pemerintah untuk fokus pada program pencegahan stunting di hulu, secara langsyng bisa memberikan  edukasi tentang pola hidup sehat dan memberikan dukungan fasilitas untuk calon pengantin dan ibu hamil. Strategi ini dianggap lebih efektif dalam memberikan pemahaman dan dukungan kepada masyarakat untuk mengatasi masalah stunting, daripada sekadar memberikan bantuan sembako rendah gizi yang kurang relevan dengan kebutuhan nutrisi yang seharusnya diperoleh.

(Deddi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments