P. Raya

Sekda Kalteng 'Lepas' 75 Kontingen Ke Peparnas XVI Papua

PALANGKA RAYA – Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Kalimantan Tengah (Kalteng) Nuryakin, mewakili Gubernur, melepas secara langsung Kontingen National Paralympic Committee (NPC) Provinsi Kalteng yang akan berlaga di Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua Tahun 2021. Pelepasan dilaksanakan di depan Loby Kantor Gubernur, Minggu 31 Oktober 2021.

Pelepasan ini ditandai dengan penyerahan Panji Kontingen Kalteng oleh Nuryakin kepada Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Falery Tuwan, dan Ketua NPC Kalteng Deasy Olivia Christy, yang kemudian dilanjutkan dengan pemasangan secara simbolis jaket kontingen kepada dua orang perwakilan atlet.

Pada kesempatan tersebut, Ketua NPC Kalteng Deasy Olivia Christy melaporkan bahwa, Kontingen yang akan mewakili Kalteng berjuang pada ajang Peparnas XVI di Papua berjumlah 75 orang, terdiri dari 40 atlet, 16 pelatih, dan 19 ofisial. Kontingen Kalteng itu akan mengikuti 7 dari 12 cabang olahraga yang akan dipertandingkan, yaitu atletik, catur, bulutangkis, tenis meja, angkat berat, panahan, dan renang.

Kata Dia, untuk mempersiapkan sebaik mungkin para atlet, telah dilaksanakan Pelatihan Daerah (Pelatda) selama 3 bulan, dari bulan Agustus sampai Oktober 2021, dimana ini baru pertama kalinya Pelatda Peparnas diadakan selama itu. Untuk itu, Deasy menyatakan harapan dan tekad Kontingen untuk mempersembahkan prestasi terbaik bagi Kalteng di Peparnas XVI Papua.

“Baru pertama kali ini, persiapan yang cukup lama. Kalau sebelum-sebelumnya kita hanya 1 minggu, 2 minggu, bahkan tidak ada sama sekali pelatda. Kami berharap dengan adanya Pelatda yang lumayan lama ini, bisa menjadi modal untuk kita bisa berjuang mengibarkan bendera Kalimantan Tengah di Tanah Papua,” katanya.

Sementara itu, Gubernur Kalteng Sugianto Sabran dalam sambutan tertulis yang dibacakan Pj. Sekda Kalteng Nuryakin menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas kerja keras Kontingen NPC Kalteng dalam mempersiapkan diri untuk berlaga di ajang Peparnas XVI yang akan diselenggarakan pada tanggal 2-15 November 2021 di Jayapura, Provinsi Papua.

“Atas nama Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh atlet, pelatih, official dan pengurus NPC Kalteng yang telah mempersiapkan, berlatih dan mengasah kemampuan untuk bersiap berlaga di ajang Peparnas XVI,” lugasnya.

Nuryakin berharap agar kontingen Kalteng, mampu memberikan perjuangan terbaik di Peparnas XVI Papua, dan menjadikannya sebagai momentum pemersatu dalam mempererat kebangsaan, menjaga sportivitas dan menyambung rasa persaudaraan dengan kontingen provinsi se-Indonesia, dengan menjunjung tinggi semangat Isen Mulang dan Huma Betang dimanapun berada.

Di tengah kondisi pandemi Covid-19, Gubernur juga berpesan kepada Kontingen Peparnas Kalteng agar dapat selalu menjaga kesehatan dan terus disiplin menjalankan protokol kesehatan.

“Saya harapkan seluruh kontingen menjaga kondisi kesehatan dengan sebaik-baiknya. Jangan sampai stamina atlit kita menurun disebabkan kondisi kesehatan yang tidak prima, hal ini harus menjadi perhatian serius bagi kita bersama,” ucapnya. 

(Deddi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments