P. Raya

Sekretaris Komisi B DPRD Palangka Raya Mendorong Pengelolaan Aset Daerah secara Optimal

Palangka Raya - Reja Framika selaku Sekretaris Komisi B DPRD Palangka Raya, memberikan peringatan penting kepada pemerintah daerah untuk tidak membiarkan aset-asetnya terbengkalai. Sebaliknya, dia mendorong agar aset-aset tersebut dikelola dengan baik untuk menghasilkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang ada diwilayah tersebut.

Banyaknya aset yang terebengkalai seeperti gedung lama Bandara Tjilik Riwut yang saat ini menganggur. Dia mengusulkan agar bangunan ini diubah menjadi hotel transit berkelas bintang 3, sehingga bangunan tersebut tidak hanya terbengkalai dan disalahgunakan, sehingga masih bisa mendatangkan pemasukan di daerah tersebut.

Hal tersebut diungkapkannya pada hari Senin, 27/03/2023, "Harapan saya pemda setempat, dapat mengoptimalkan pengelolaan aset yang dimiliki untuk memberikan manfaat bagi daerah ," katanya.

Ia juga  menjelaskan bahwa pengelolaan aset harus dilakukan oleh pihak yang profesional dengan melibatkan pihak ketiga agar dapat menghasilkan PAD. Aset-aset yang dimiliki oleh pemerintah daerah harus dikelola secara profesional untuk meningkatkan pendapatan asli daerah nantinya.

Tapi sebelum dilakukan pengelolaan itu  pemerintah perlu menyusun instrumen yang tepat untuk mengelola aset daerah dengan cara yang profesional, transparan, akuntabel, efisien, dan efektif, mulai dari perencanaan hingga pengawasannya nanti agar tidak terjadi pemborosan anggaran.

"Pemerintah Kota perlu memiliki strategi perencanaan yang baik dan tepat sasaran dalam mengelola aset daerah sehingga aset tersebut dapat menjadi salah satu sumber penggerak ekonomi dan Pendapatan Asli Daerah," ujarnya.

(Deddi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments