P. Raya

Sendartari Isen Mulang Dengan Mengangkat Cerita Saluang Murik.

PALANGKA RAYA - Syaf Ahli Gubernur Provinsi Kalteng Yuas Elko Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Secara Resmi Membuka Seni dan budaya Isen Mulang, yang di-laksanakan di UPT Taman Budaya, Palangka Raya, Provinsi Kalteng, Sabtu Malam (21/5/2023). Dalam sambutannya Yuas Elko Mewakili Gubernur Provinsi Kalteng yang tidak bisa hadir  menyampaikan , Kalteng menyambut baik atas terselenggaranya kegiatan Sendra Tari.

“Kegiatan yang mengangkat cerita "Saluang Muri," yang merupakan perwujudan cipta karya para seniman daerah yang dilandasi nilai luhur Budaya Bangsa Bercorak Pancasila "Bhineka Tunggal Ika." Serta berwawasan Nusantara,” Ucap Yuas.

Pemerintah Provinsi kalteng terus berupaya dengan memberikan perhatian yang cukup besar terhadap pembinaan dan Pemgembanngan Seni dan budaya daerah yang merupakan bagian Integral dari Kebudayaan Nasional.

Sebagainmanna diketahui kegiatan ini merupakan salah satu agenda rutin yang dilaksankan dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalteng. Kegiatan ini dilaksanakan guna turut memeriahkan Festival Budaya Isen Mulang ( FBIM) tahun 2023 yang akan dibuka secaea resmi pada tanggal 22 Mei 2023.

Melalui kegiatan tersebut ,di harapkan mampu membangkitkan semangat dan sukacita bagi semua baik para kontingen yang akan berlomba maupun para penonton yang nantinya akan menyaksikan Festival Terrsebut.

Kadis Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi kalteng, Adiah Chandra Sari dalam laporannya menyampaikan maksud dan  tujuan kegiatan sendra tari ini adalah melestarikan dan Mencintai Seni dan Budaya  yang dimiliki Provinsi Kalteng, serta turut memeriahkan FBIM Tahun 2023 yang akan dilaksanakan pada tanggal 22  Mei sampai Tanggal 27 Mei.

“Acara ini berasal dari komunitas kreatif Kalteng yang terdiri beberapa sanggar seni budaya, baik Seni tari, Seni Musik, Vokal dan Teater, “ ujar Adiah.

Kegiatan dihadiri Kepala UPT  Taman Budaya D.Binti, serta segenap Seniman dan Budayawan Provinsi Kalteng.

(Era Suherti)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments