Barut

Tenaga Kerja Lokal Diharapkan Mampu Bersaing Dengan Daerah Lain

MUARA TEWEH - Peluang masyarakat untuk mendapatkan pekerjaan sangat terbuka karena adanya program pelatihan tenaga kerja yang dilaksanakan oleh Dinas Tenaga Kerja,Transmigrasi,Koperasi dan UKM Barito Utara.

Wakil ketua Komisi III DPRD Barut, H.Surian nor, Senin (22/5/2023) mengatakan, pelatihan yang dilaksanakan merupakan bentuk peningkatan sumber daya manusia yang handal.

Dengan pelatihan itu ujarnya , sebagai program penuntasan tenaga kerja yang selama ini menjadi harapan pemerintah daerah dan masyarakat lokal.

Saat ini belasan perusahaan beroperasi di wilayah Barut, namun untuk bekerja di sebuah perusahan harus punya skil atau keahlian. Dengan dilakukannya pelatihan, maka warga yang sudah mendapat pendidikan sangat terbuka untuk dapat lapangan pekerjaan.

"Mereka yang sudah dilatih ada juga magang di perusahaan, tentu ini sangat bagus dan bisa dimanfaatkan atau direkrut menjadi karyawan,"katanya.

Sebagai contoh, ada pelatihan driver juga mekanic. Bila ini sudah bisa atau mampu dengan kemampuan tersebut, maka perusahan bisa merekrut mereka.

Dengan direkrutnya tenaga kerja lokal yang sudah punya skil sesuai bidang, maka dapat meningkatkan kesejahteraan warga. " Memang selama ini kita akui masih banyak warga kita yang belum mampu bersaing, tapi dengan adanya program pelatihan setidaknya dapat memberikan kesempatan bekerja,"kata Surian nor.

Surian nor juga menghimbau kepada dinas yang membidangi , agar memberi kesempatan untuk pelatihan kepada masyarakat, sehingga apabila diperlukan oleh perusahaan sangat mudah direkrut sebagai tenaga kerja.

"Dengan banyaknya warga yang punya skil, maka perusahaan juga harus memanfaatkan tenaga kerja lokal, sesuai dengan apa yang diharapkan selama ini," pungkasnya.

(Syarbani)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments