P. Raya

Sepasang  'Sanca Kembang' Pemakan Ayam Ditangkap Warga 

PALANGKA RAYA - Sepasang ular jenis sanca kembang sepanjang sekitar 3 meter, dengan berat masing-masing 12 kg, menghebohkan warga Tjilik Riwut KM 12 Kelurahan Petuk Katimpun Kecamatan Jekan Raya .

Sepasang reptil yang telah meneror sejumlah peternak ayam petelur ini, ditangkap Sulaiman (34) pemilik kandang ayam petelur, Minggu 7 November 2021.

Sejumlah peternak ayam petelur resah sejak seminggu terakhir. Ayam petelur milik mereka hampir setiap hari mati dengan luka di bagian leher. Bahkan beberapa diantaranya hilang dari kandang. 

Pasalnya, kandang milik peternak lokasinya berada di pekarangan belakang rumah dan berdekatan dengan hutan serta aliran anak sungai."Sudah seminggu ini mas, puluhan ayam milik saya mati dengan luka di leher, dan ada yang raib dari kandang," kata pemilik kandang, Sulaiman kepada Huma Betang di lokasi kejadian.

Setelah melakukan patroli dengan dibantu warga sekitar, peternak ayam petelur ini berhasil menangkap sepasang ular sanca kembang ini, dalam tempo 2 hari berturut-turut."Awalnya saya takut mas, tapi karena lihat cara menangkap ular di tv, akhirnya saya beranikan menangkapnya," tambahnya.

Penangkapan sepasang ular jantan dan betina ini, membuat warga berduyun-duyun mendatangi rumah Sulaiman. Mereka penasaran dengan wujud ular dan ingin melihat dari dekat. Sejumlah warga, bahkan ada yang berusaha memegang saat dikeluarkan dari kandang buatan sulaiman.

"Memang seminggu terakhir peternak disini resah, dengan kematian ayam yang beruntun, namun kini sudah agak tenang, karena sepasang ular sanca telah tertangkap," kata Joko (46), warga sekitar.

Rencananya, sepasang ular ini akan dipelihara Sulaiman. Namun jika tidak sanggup, sepasang ular ini akan dijual kepada yang berminat memeliharanya atau di serahkan ke penangkaran.

(Deddi)

 

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments