P. Raya

Serah Terima Program Tata Guna Air Irigasi di Kalteng 

PALANGKA RAYAKementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyelenggarakan program percepatan peningkatan tata guna air irigasi. Progarm ini terkait pemenuhan kebutuhan air irigasi guna mendukung ketahanan pangan nasional dan mendukung aktivitas perekonomian, Terkait dengan hal tersebut Balai Wilayah Sungai (BWS) Kalimantan II menggelar serah terima pekerjaan program P3-TGAI yang dilaksanakan di hotel Luwansa, Palangka Raya pada Sabtu, 29 Oktober 2021.

Dalam Permen PUPR 4 tahun 2021, P3-TGAI adalah kepanjangan dari Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) merupakan program rehabilitasi, peningkatan, atau pembangunan Jaringan Irigasi. Program ini berbasis peran serta masyarakat petani yang dilaksanakan sendiri oleh Perkumpulan Petani Pemakai Air, Gabungan Perkumpulan Petani Pemakai Air atau Induk Perkumpulan Petani Pemakai Air secara swakelola.

Kepala BWS Kalimantan II melalui Pejabat Pembuat Komitmen Operasional Sumber Daya Air (PPK OPSDA) Sugiono menyampaikan, “Kegiatan ini dilaksanakan agar program tersebut dapat dikelola dengan sebaik-baiknya oleh desa yang terpilih dalam program P3-TGAI. Sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat,”  Sejumlah Pemerintah desa yang hadir dalam kegiatan tersebut adalah dari Kabupaten Kapuas, Pulang Pisau, Gunung Mas, Palangka Raya dan Kabupaten Katingan.

Di Kalteng terdapat 8 Kabupaten dan satu kota yang melaksanakan program P3-TGAI di tahun 2021, diantaranya kabupaten Kotawaringin Barat, Seruyan, Kotawaringin Timur dan Sukamara.

Sugiono menambahkan, program P3-TGAI merupakan salah satu program Padat Karya Tunai yang merupakan program unggulan Presiden Joko Widodo. Selain untuk meningkatkan jaringan irigasi juga meningkatkan hasil pertanian.

(Deddi)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments