P. Raya

Siap Siaga Potensi  Karhutla Tahun 2023

PALANGKA RAYA  - Kegiatan Penetapan Status Siaga Darurat Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan Provinsi Kalteng, dilaksanakan di Aula Jaya Tingang kantor Gubernur Provinsi Kalteng, Jumat (12/5/2023) dalam Rangka untuk mengatasi Karhutla di Kalteng.

Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo menyampaikan Pemerintah Pusat meminta pemerintah daerah untuk meningkatkan kesiap-kesiagaan menghadapi potensi kebakaran hutan dan lahan Karhutla Tahun 2023, termasuk menetapkan status Siaga Karhutla Tingkat Provinsi.

Sampai saat ini sebanyak empat kabupaten/Kota sudah menetapkan status siaga Karhutla, status siaga Darurat bencana kebakaran hutan dan lahan , yaitu Kabupaten Sukamara, Kabupaten Lamandau, Kabupaten  Barito Selatan, dan Kota Palangka Raya.

Dalam kesempatan yang sama Plt. Kalaksa Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran (BPBPK) Provinsi Kalteng Ahmad Toyib mengatakan berdasar-kan data karhutla pada Tanggal 9 Mei 2023, titik panas berdasarkan data dari Hotspot BRIN sebanyak 616 hotspot yang tersebar pada 10 Kabupaten/Kota kecuali Barito Selatan. Sedangkan kejadian karhutla yang dilaporkan oleh kabupaten pada 13 kabupaten / kota kecuali Barito Selatan, sedangkan kejadian karhutla yang dilaporkan Kabupaten/Kota sebanyak 87 kejadian yang tersebar di  10 kabupaten / kota kecuali Barito Timur, Gunung Mas, Kapuas dan Seruyan.

“Warning bagi kita semua, untuk bulan April 2023 , Hotspot dan kejadian Karhutla mengalami peningkatkan yang sangat signifikan. Hotspot sudah mencapai 220 titik dan kejadian karhutla dilaporkan sebanyak 16 kali untuk bulan Mei 2023, Hotspot sebanyak 58 titik dan kejadian dilaporkan sebanyak lima kali,” jelas Ahmad Toyib.

Hadir Dalam Rapat Koordinasi Unsur Forkopimda, Asisten Pemeritahan dan Kesra Setda Provinsi Kalteng Katma F.Dirun, Kepala stasiun Meteorologi Kelas 1Tjilik Riwut Palangka Raya Catur Winarti, Serta Kepala Instansi Vertikal dan Kepala Perangkat Daerah Provinsi Kalteng.

(Era Suherti)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments