P. Raya

Siti Nafsiah Prihatin Banjir Di Kota Palangka Raya

PALANGKA RAYA - Kondisi banjir yang menimpa sejumlah wilayah di Kota Palangka Raya saat ini, menyita perhatian dari Ketua Komisi III DPRD Provinsi Kalimantan Tengah, Dra Hj Siti Nafsiah.

Wakil rakyat membidangi Kesejahteraan Rakyat (Kesra) ini menyampaikan bahwa dalam penanganan banjir bisa diatasi secara komprehensif dengan solusi terbaik. Menurutnya, dalam pengambilan keputusan untuk mengatasi banjir tidak bisa bersifat parsial. Apalagi dalam melakukan normalisasi Daerah Aliran Sungai (DAS) Kahayan, tidak bisa hanya mengatasi pada bagian aliran sungai saja, namun harus memperhatikan hulu sungai.

''Untuk menghadapi hal ini tidak bisa hanya mengharapkan masyarakat, namun juga harus ada sinergi dari pemerintah setempat. Diperlukannya sinergi dan koordinasi lintas sektor antara pemerintah dan masyarakat untuk atasi bencana banjir,” ucapnya, Rabu 8 Februari 2023.

Apabila dibiarkan, maka hal tersebut dapat berpengaruh pada penurunan kualitas hidup masyarakat, mengancam keberlangsungan aktivitas perekonomian, maupun indikasi peningkatan kemiskinan.

Selain itu juga, ia menambahkan persoalan banjir jangan sampai hanya menjadi tontonan, karena tiap musim hujan turun, banjir terjadi. Untuk itu, harus ada perhatian khusus dan upaya serius untuk segera menyelesaikannya.

Permasalahan lainnya adalah gangguan pada kesehatan. Apabila banjir terjadi maka terdapat pula sampah-sampah yang berhamburan, baik itu berasal dari sampah rumah tangga maupun yang lainnya.

 

(Deddi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments