P. Raya

Susi Idawati : Sosialisasikan Cegah HIV AIDS bagi Pelajar dan Mahasiswa

PALANGKA RAYA – Penyakit menular human immunodeficiency virus (HIV) bisa berlaku bagi siapa saja bahkan di Kota Palangka Raya. Penularan penyakit tersebut dari perilaku yang tidak sehat. Beberapa diantaranya yang berpotensi bisa menularkan HIV yakni, melalui hubungan seks yang tidak aman dan bergantian jarum suntik saat menggunakan narkotika.

Susi Idawati Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Kota Palangka Raya mengatakan meski Covid-19 masih ada, namun penularan HIV juga masih terjadi, karena dari ulah perilaku seseorang yang tidak memperhatikan kesehatan.

“Walaupun pandemi Covid-19 seperti ini, penularan penyakit HIV tetap terjadi karena semua itu kembali kepada perilakunya, yang namanya kehidupan malam, kehidupan bebas dan sebagainya tetap terjadi,” ucap Susi Idawati saat ditemui wartawan, Kamis 23 Juni 2022. 

Sebagai upaya untuk mengatasi penyakit HIV di Kota Cantik Palangka Raya, anggota dewan ini menjelaskan akan terus berusaha meminimalisir penularan penyakit tersebut. “Komisi Penanggulangan AIDS Kota Palangka Raya, akan tetap berupaya untuk meminimalisir terjadinya penularan tersebut, contohnya kami melakukan sosialisasi dan edukasi, baik ke cafe, ke 10 sekolah SMA dan universitas,” ucapnya. 

Susi menambahkan, dalam usahanya akan memprioritaskan kepada remaja yang mulai berumur 17 tahun keatas mahasiswa baru dan 17 tahun kebawah untuk siswa SMA. Disamping itu, berupaya untuk mendatangi langsung tempat kos-kosan, kontrakan untuk memberikan edukasi dan pemeriksaan darah.

(Deddi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments