Barsel

Tahun 2023 Kades dan BPD Harus Bersinergi

BUNTOK – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Barito Selatan (Barsel) meminta Badan Permusyawaratan Desa (BPD) bersinergi dengan Kepala Desa (Kades) untuk mensukseskan setiap program pembangunan di tahun ini.

“Dalam pelaksanaan roda pemerintahan, diharapkan BPD dan Kades jangan jalan sendiri-sendiri,” ucap  Ketua DPRD Barsel, M Farid Yusran, Selasa 3 Januari 2023. Menurutnya, sinergi dan kekompakan merupakan kunci dalam pelaksanaan roda pemerintahan dan pembangunan. Dalam proses pembangunan, semua harus dilibatkan, baik tokoh masyarakat dan lainnya yang ada di desa.

“Hal itu dimaksudkan untuk menyatukan pemikiran, serta menyamakan persepsi dalam mencapai pembangunan yang merata di setiap desa,” imbuhnya.   

Menurut M Farid, tujuan utama pembangunan desa adalah memastikan pelayanan pemerintah desa berjalan dengan baik dan lancar. Hal tersebut dianggap penting dalam upaya meningkatkan kualitas hidup manusia serta penanggulangan kemiskinan melalui pemenuhan kebutuhan dasar, termasuk pembangunan sarana dan prasarana desa, pengembangan potensi ekonomi lokal, serta pemanfaatan sumber daya alam dan lingkungan secara berkelanjutan.

Ketua DPC PDIP Barsel ini juga berharap agar setiap desa dapat menghidupkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan terus menggali sumber pendapatan bagi desanya masing-masing. “Pengembangan BUMDes itu dengan memanfaatkan Sumber Daya Manusia (SDM) dengan merekrut generasi muda di setiap desa yang sudah menamat-kan kuliahnya,” pungkasnya. 
 

(Ary Mampas)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments