P. Raya

Tanggapan Pemerintah Terkait Rusaknya Sungai Di  Kapuas Tengah.

PALANGKA RAYA - Kasus rusaknya sungai dan ekosistem yang dialami oleh 2 sungai di Kapuas tengah,yaitu sungai Kuatan dan sungai Buhut, menjadi perhatian serius pemerintah daerah Kalimantan Tengah melalui Dinas ESDM Provinsi Kalimantan Tengah dan Lingkungan Hidup Kab. Kapuas.

Rusaknya 2 sungai yang diduga dikarenakan aktivitas tambang batu bara tersebut mengakibatkan masyarakat di 5 desa menderita krisis air bersih. Desa desa terdampak di antaranya; Desa Barunang, Desa Manis, Desa Karukus, Desa Petak Bahenda, Sungai buhut desa buhut jaya.

Dinas ESDM provinsi Kalimantan Tengah melalui stafnya menyatakan siap membantu,agar permasalahan rusaknya sungai Kuatan dan sungai Buhut bisa segera dipecahkan solusinya. Staf Dinas ESDM Provinsi Kalimantan Tengah juga mengarahkan tim media agar mendatangi Dinas Lingkungan Hidup kab. Kapuas untuk membicarakan langkah langkah yang perlu diambil. Setelah mendapat arahan,tim media segera meluncur ke kab.Kapuas untuk mendatangi kantor Dinas Lingkungan Hidup Kab.Kapuas.

Di kantor Dinas Lingkungan Hidup(DLH) kab.Kapuas pada Selasa 11 Juni 2024..tim media diterima dengan sangat baik oleh para staf dan Kepala DLH Kapuas.

Pembahasan tentang kerusakan sungai di Kapuas tengah sampai pada titik dimana staf DLH memberi arahan agar masyarakat membuat laporan/pengaduan tertulis terkait permasalahan sungai.

Staf Dinas Lingkungan Hidup Kab. Kapuas mengarahkan agar aduan disampaikan ke Dinas Pertambangan dengan salah satu tembusan dialamatkan ke Dinas Lingkungan Hidup Kab.Kapuas.

Aduan diperlukan agar Dinas terkait bisa mengambil langkah tindak lanjut sesuai aturan yang ada.

"Semoga para pemimpin di desa terdampak dapat segera mengambil langkah langkah terbaik,agar masyarakat bisa kembali menikmati air sungai yang bersih dan sehat"ungkap Kepala DLH kapuas.

 

(Era Suhertini)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments