Kalteng

Tanggulangi Covid-19 melalui Pramuka

PALANGKA RAYA - Memperingati Hari Pramuka ke - 59 Tahun 2020 Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Ivo Sugianto Sabran mengikuti upacara secara virtual. Ivo mengatakan, dalam rangkaian peringatan tersebut, berbagai arahan disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) termasuk peran pramuka dalam membantu penanganan pandemi covid-19, salah satunya disiplin protokol kesehatan.

“Peringatan Hari Pramuka yang mengusung Tema Peran Gerakan Pramuka Ikut Membantu Dalam Penanggulangan Bencana Covid-19 dan Bela Negara tersebut, Presiden Jokowi menyampaikan kepada pramuka Indonesia untuk membuat 2 gerakan Nasional,” kata Ivo.

Gerakan pertama, terangnya, adalah gerakan kedisiplinan Nasional yang mengajak semua masyarakat disiplin mengikuti protokol kesehatan. Gerakan selanjutnya adalah, membuat gerakan kepedulian Nasional yang mengajak untuk saling peduli dan saling berbagi.

Menurutnya, dengan dua gerakan tersebut, bukan hanya untuk membantu penanganan nasional dampak pandemi covid-19. Melainkan juga memiliki tujuan untuk semakin mengasah jiwa dan kepemimpinan karakter dalam memperdalam jiwa pramuka sejati sebagaimana tertuang dalam Dwi Darma, Tri Satya, Dan Dasa Darma Pramuka.

“Banyak pesan yang disampaikan Pak Jokowi, selain mengingatkan pentingnya kedisiplinan dan kepedulian, aanggota pramuka juga menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Dari situ bisa terbentuk SDM yang hebat, dengan karakter dan ilmu pengetahuan yang kuat,” jelasnya.

Selanjutnya, Ivo mengatakan, melalui pramuka dapat tercetak generasi yang tangguh menghadapi setiap tantangan, disiplin dalam bertindak, tidak gentar dalam menghadapi rintangan, selalu peduli, siap berkorban untuk sesama. 

“Termasuk dalam penanganan covid-19, seperti menerapkan protokol kesehatan dengan melakukan tiga hal, pakai masker, jaga jarak, dan selalu mencuci tangan dengan air mengalir,” ucapnya.

Ia menambahkan, Presiden juga menyampaikan  bahwa di era pandemi covid-19 sekarang jiwa dan karakter adalah hal yang paling dibutuhkan, karena bisa menjaga komitmen dalam menerapkan protokol kesehatan. 

“Termasuk dalam sikap kepedulian dan kepentingan bersama di dalam masyarakat, dimana kita harus saling gotong royong untuk menyelesaikan masalah bersama, termasuk masalah pandemi covid-19,” tandasnya. (MMC/JJ)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments