P. Raya

Tari Merak Sanggar Rukmi Meriahkan Giat Gelar Seni Budaya Kalteng 2021

PALANGKA RAYA  - Dalam upaya turut serta melestarikan seni budaya di Kalimantan Tengah, sanggar rukmi atau rumah kreatif umi ikut memeriahkan kegiatan gelar seni budaya Kalimantan Tengah, jumat 26 november 2021.

Adapun gelaran seni budaya kalimantan tengah tersebut diselenggarakan oleh Upt Taman Budaya Provinsi Kalimantan Tengah, yang beralamatkan di jl. Temanggung tilung XIII Palangka Raya. Pada kegiatan gelar seni budaya tersebut, sanggar rukmi menampilkan sebuah tarian berjudul tari merak.

Umi yenni wiratama selaku pemilik sanggar rukmi menjelaskan bahwa, tari merak atau para merak tari merupakan tari yang dibawakan khusus oleh kaum perempuan. Koreografi dari tari merak terinspirasi oleh gerakan gerakan indah dari beberapa burung merak.

Umi mengatakan koreografi merak tersebut diajarkan berdasarkan dari gerak tubuh seekor burung merak yang indah menyatu dengan gerakan tari klasik sunda, sehingga membuat tarian ekspresif penuh keindahan warna merak, dengan bulunya yang indah, sebagai perwujudan dari pengabdian jiwa seni demi melestarikan budaya yang kita miliki,

Dia menambahkan yang membawakan tarian merak ini adalah anak anak binaan sanggar rukmi, yaitu Putri Puspita Sari, Winie wijayanti, Sintia, Gina, dan Ika.

Dirinya merasa sangat bangga dan bersyukur sanggar rukmi bisa turut berpartisipasi dalam kegiatan gelar seni budaya Kalimantan Tengah. Ia juga sangat mendukung pelaksanaan kegiatan ini, dengan harapan semoga kegiatan seni semakin berkembang dan keberadaannya lestari di bumi kalimantan tengah yang tercinta ini.

(Hary Reymondo)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments