Nasional

TBBR Sekadau Ajak Generasi Muda Lestarikan Adat Dan Budaya Dayak

SEKADAU - Organisasi kemasyarakatan atau ormas tariu borneo bangkule rajakng (TBBR) Kabupaten Sekadau menggelar rapimcab ke-II yang digelar di betang youth center sekadau, minggu 5 maret 2023.

Ketua DPC, mangku TBBR Kabupaten Sekadau, Sekundus, mengajak generasi muda untuk mencintai dan melestarikan adat istiadat dan budaya dayak. Hal ini diungkapkannya saat rapimcab DPD Kabupaten Sekadau ke-II.

Sekundus menilai, saat ini banyak anak muda yang tidak mengenal adat dan budayanya. Untuk itu, ia mengajak generasi muda meng-angkat kembali adat dan budaya yang sudah tenggelam karena kemajuan zaman dan teknologi. Pihaknya berkomitmen untuk melestarikan dan memelihara adat istiadat, budaya serta tradisi dayak.

Sementara itu, Wakil Bupati Sekadau, Subandrio memberikan apresiasi kepada TTBR Kabupaten Sekadau. Ia juga mengajak TBBR untuk bersama-sama menjaga kondisi di Kabupaten Sekadau agar tetap kondusif.

Pemerintah daerah Kabupaten Sekadau, kata dia, memiliki program unggulan ip3k, yakni infrastruktur, perkebunan, pertanian, dan perikanan untuk kesejahteraan rakyat. Apalagi, kata subandrio, 82 persen masyarakat Sekadau adalah petani dan pekebun.

Menurutnya, Sekadau memiliki sumber daya manusia (SDM). Tak hanya itu, sumber daya alamnya pun begitu melimpah. Untuk itu, kata dia, hal ini harus dimanfaatkan demi kesejahteraan masyarakat.

Subandrio mengatakan, pemerintah daerah kabupaten sekadau mendorong agar masyarakat yang memiliki lahan tidak menjual-nya ke perusahaan. Pemerintah, kata dia, membagikan bibit kepada masyarakat yang memiliki lahan minimal satu kepala keluarga (kk0 satu hektare).

(Yahya Iskandar)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments