Seruyan

Untuk Meningkatkan SDM Petani Padi Perlu Mendapat Penyuluhan

KUALA PEMBUANG - Kalangan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Seruyan menyampaikan bahwa Kabupaten Seruyan memiliki potensi lahan pertanian yang luas, sehingga untuk memaksimalkan hal tersebut perlu upaya untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) petani.

Ketua DPRD Seruyan Zuli Eko Prasetyo, meminta kepada Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) setempat agar bisa melakukan pembinaan kepada para petani padi yang ada. Selain itu, juga melakukan kajian agar ke depannya petani juga bisa menanam jenis padi yang beragam.

“untuk keberhasilan petani memang dibutuhkan kerja sama yang baik antar petani dan pihak pemerintah daerah melalui dinas terkaitnya, supaya kendala yang dihadapi bisa tertasi” katanya selasa 6/12/2022.

Apa lagi dengan kondisi lahan yang cukup memadai, tentunya hal tersebut dapat di manfaatkan bagi kesejahtraan petani. Pengembangan sektor pertanian terutama padi perlu dilakukan , sebab saat ini masyarakat masih menanam satu jenis padi saja yaitu padi Epang yang dinilai mampu dikembangkan dan lebih tahan hama.

Dengan keadaan tersebut butuh keterlibatan dari dinas terkait untuk melakukan kajian atau eksperimen agar petani dapat menanam dengan jenis yang masa panenya cepat dan lebih menguntungkan.

“Sehingga dengan begitu para konsumen juga tidak kesulitan untuk mendapatkan beras, karena kita menyediakan jenis padi yang beragam,” ungkapnya.

(Giya)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments