Kalteng

Upaya Bersama Melawan Stunting: Kolaborasi Antar Pemerintah dan Masyarakat

PURUK CAHU,– Adanya upaya untuk mencegah dan mengatasi stunting perlu melibatkan berbagai elemen seperti Pemerintah Kabupaten, Pemerintah Kecamatan, Pemerintah Desa, individu, komunitas, perusahaan swasta, dan lintas sektor.  Tingkat prevalensi stunting yang masih tinggi di Kabupaten Murung Raya memerlukan tindakan serius dan kolaborasi dari berbagai pihak. Hal itulah yang diungkapkan oleh  Ketua DPRD Murung Raya, Doni.

penanganan stunting di wilayah Bumi Tama Malai Tolung Lingu harus menggunakan pendekatan multi-sektor. Ini mencakup intervensi layanan yang spesifik dan sensitif yang dilakukan melalui kerja sama dan koordinasi antara berbagai tingkatan pemerintahan, mulai dari tingkat kabupaten hingga desa atau kelurahan, hal tersebut di sampaikan Doni.

Ia mengatakan lugas, "Kami berharap agar para Camat dapat memberikan arahan kepada para Kepala Desa dalam penanganan stunting, karena perlu penangan yang cepat dan krusial, " tegas Doni.

Untuk mencapai penurunan tingkat stunting yang signifikan, perlu ada kerja sama yang erat antara pemerintah daerah, lembaga swasta, dan masyarakat. Kolaborasi ini dapat dikoordinasikan melalui lembaga Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) yang ada di berbagai tingkatan pemerintahan.

Stunting merupakan isu yang memerlukan perhatian serius, dan penurunan tingkat stunting harus menjadi prioritas bersama antara pemerintah daerah dan berbagai pemangku kepentingan. Dengan kolaborasi yang kuat, diharapkan tingkat stunting di Kabupaten Murung Raya dapat turun secara signifikan dalam waktu yang lebih cepat.

(Ady Natha)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments