P. Raya

Wagub Kalteng Launching Tim Tanggap Insiden Siber KaltengProv-CSIRT

PALANGKA RAYA - Wakil Gubernur Kalteng H. Edy Pratowo secara resmi melakukan launching Tim Tanggap Insiden Siber KaltengProv-CSIRT, bertempat di Bahalap Hotel, Jumat 22 oktober 2021. KaltengProv-CSIRT dibentuk sebagai Tim Tanggap Insiden Siber Organisasi pada sektor Pemerintah.

Launching Tim Tanggap Insiden Siber KaltengProv-CSIRT dihadiri oleh Forkopimda, Instansi Vertikal, Bupati, Wali Kota serta perwakilan pimpinan Perguruan Tinggi. Dari Pemerintah Pusat hadir secara langsung Kepala BSSN Letjen TNI (Purn.) Hinsa Siburian, Tenaga Ahli BSSN Supirman, serta Senior Lecture Politeknik Elektronika Negeri Surabaya Fery Astika Saputra sebagai narasumber.

Wagub H. Edy Pratowo saat membacakan sambutan tertulis Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran menyampaikan kemajuan teknologi berdampak besar bagi peradaban manusia. Namun disisi lain kemajuan Teknologi juga berdampak negatif bagi kalangan yang tidak mampu memanfaatkan teknologi untuk hal yang bermanfaat. Kemajuan teknologi juga telah membuka peluang bagi kejahatan baru di dunia maya.

H. Edy Pratowo mengatakan, pengumpulan data secara massif melalui berbagai sistem elektronik, merupakan peluang dan kesempatan kepada berbagai pihak yang tidak berhak untuk mencuri dan kemudian diperjualbelikan untuk keuntungan pribadi, keuntungan kelompok, keuntungan lembaga, bahkan keuntungan untuk Negara lain.

Dirinya mengatakan cukup banyak kebocoran data yang terjadi, dari data pribadi hingga data rahasia Negara. Pencurian data dan kebocoran data disamping memang ada upaya pencurian atau pembobolan, disisi lain karena memang peluang yang disebabkan oleh lemahnya sistem keamanan elektronik.  Hal ini tentu tidak bisa dibiarkan, harus ada upaya dari negara untuk melindungi segala bentuk kejahatan baru di dunia maya, khususnya perlindungan terhadap data dan system.

Edy mengutarakan untuk Itu, Negara telah membentuk Badan Siber Dan Sandi Negara, Sebuah Lembaga Negara yang memiliki tugas dalam menangani Insiden Siber dan Sandi. Salah satu bentuk tanggung jawab dan kewenangan itu, sebagaimana yang pihaknya hadiri saat ini yaitu Launching Tim Tanggap Insiden Siber Prov. Kalteng.

Pada kesempatan tersebut, diserahkan oleh Kepala BSSN Letjen TNI (Purn.) Hinsa Siburian kepada Pemprov Kalteng berupa Surat Tanda Registrasi Tim Tanggap Insiden Siber atau Computer Security Indident Response Team atas terbentuknya KaltengProv-CSIRT.

 

(Hary Reymondo)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments