P. Raya

Kepala BSSN Hadiri Pembentukan Tim Tanggap Insiden Siber-CSIRT Kalteng

PALANGKA RAYA - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah bersama Badan Siber dan Sandi Negara meluncurkan Tim Tanggap Insiden Siber Kalteng Prov-CSIRT. Launching tersebut dilakukan di Bahalap Hotel, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah pada Jumat 22 oktober 2021.

Dalam sambutannya, Kepala BSSN Letjen TNI (Purn.) Hinsa Siburian mengingatkan masyarakat untuk tetap waspada dalam menghadapi ancaman siber, terutama kejahatan penyalahgunaan data. Ini sebagaimana amanat Presiden RI Joko Widodo pada tanggal 16 Agustus 2019 lalu.

Dia menyebut Presiden juga berpesan agar Indonesia mulai bermigrasi untuk menyambut era Revolusi Industri 4.0 ini. Sekaligus mendukung terwujudnya Indonesia Tangguh dan Indonesia Tumbuh. Serta menjadi dasar untuk bagaimana setiap dari kita dapat mewujud-kannya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Lebih lanjut dia menjelaskan, Computer Security Incident Response Team merupakan tim yang bertugas untuk menerima, meninjau dan menanggapi laporan dan aktivitas insiden keamanan siber. CSIRT memiliki fungsi di antaranya memberikan layanan reaktif mulai dari koordinasi insiden, triase insiden dan resolusi insiden.

Fungsi lainnya yaitu memberikan layanan proaktif seperti mempublikasikan informasi kerawanan, keamanan dan tren teknologi serta audit keamanan informasi. Selain itu juga memberikan layanan peningkatan kualitas keamanan seperti konsultasi, cyber drill hingga menggelar pelatihan dan workshop.

Menurut Hinsa, nantinya Tim Tanggap Insiden Siber Kalteng Prov-CSIRT akan terintegrasi dengan pusat sama halnya dengan provinsi lain yang ada diseluruh indonesia.
 

(Hary Reymondo)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments