Kalteng

Warga Desa Tanjung Rangas Harapkan Bantuan Bibit Pisang

FOTO: GIYA/HUMA BETANG

Anggota DPRD Seruyan Denni Rahmadani

KUALA PEMBUANG - Anggota DPRD Kabupaten Seruyan,  Denni Rahmadani menyampaikan bahwa masyarakat di Desa Tanjung Rangas II, Kecamatan Danau Seluluk mengharapkan adanya bantuan pengolahan lahan dan bibit pisang kepok, hal tersebut agar bisa meningkatkan perekonomian masyarakat didana.

“Keinginan tersebut disampaikan langsung oleh masyarakat di desa  pada kami, yang mana mereka mengharapkan adanya bantuan dari Pemkab Seruyan untuk pengolahan lahan dan bibit pisang kepok,” kata Denni di Kuala Pembuang, Kamis (10/02/2022).

Menurut dia, perkebunan pisang kepok ini cukup menjanjikan untuk ditekuni, bahkan di Bumi Gawi Hantantiring ini juga pernah menjadi penyedia pisang tersebut. Namun saat ini banyak perkebunan pisang masyarakat yang terserang virus, sehingga produksi pisang menurun drastis.

Diharapkan dengan adanya bantuan dari pemerintah daerah, bisa membangkitkan kembali para petani pisang terutama di wilayah Tanjung Rangas, yang selama ini masih sangat berharap bisa dibantu dengan diberi bibit pisang kepok, sebagai modal bertani di sana.

“Memang di Seruyan dulu untuk produksi hasil panen pisang kepok kita sangat melimpah dan bahkan dalam setiap seminggu sekali akan dikirim keluar daerah, namun hal itu mengalami penurunan yang sangat jauh setelah banyak perkebunan yang terinfeksi virus,” ungkapnya.

Lebih lanjut ia menyampaikan, Pemkab Seruyan harus bisa memaksimalkan perkebunan pisang kepok ini kembali mengingat potensinya sangat tinggi, mamang untuk wilayah di Seruyan Hilir Timur yang merupakan penghasil pisang terbanyak tapi saat ini hampir 90 persen terserang hama atau virus sehingga tidak bisa dimaksimalkan lagi.

“Dan saat ini ada wilayah yang ingin melakukan penanaman pisang kembali, di harapkan bantuan pemrintah sebagi pemicu, dengan memberikan pemahaman tentang bertanam pisang serta bagai mana perawatannya, sekaligus dengan mendatangkan bibit unggul agar para petani bisa merasakan hasil bagus untuk peningkatan ekonomi keluarga.

 

(Giya/Altius)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments