P. Pisau

Asisten I Sosialisasikan Aplikasi Pulpis Mobile

PULANG PISAU - Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Sekda Pulang Pisau HM Syaripul Pasaribbu menjadi salah satu nara sumber dalam kegiatan rapat koordinasi pemerintahan tingkat kabupaten Pulang Pisau pekan lalu.

Dalam kegiatan tersebut Syaripul selain menyampaikan materi berkaitan dengan tata batas antar-kabupaten dan antar-desa, juga menyampaikan informasi berkaitan dengan inovasi yang dibuat oleh bagian pemerintahan.

Yakni berupa aplikasi Pelayanan Administrasi Handep Hapakat Mandiri Mobile yang disingkat dengan Aplikasi Pahari Mobile dan Aplikasi Pulang Pisau Mobile yang telah diadakan oleh Pamda Pulang Pisau melalui anggaran di Bagian Pemerintahan Setda Pulang Pisau tahun anggaran 2021.

Syaripul menjelaskan, kehadiran aplikasi tersebut sebagai jawaban dalam rangka peningkatan good govermen dan clear govermen.

“Kehadiran aplikasi ini dapat membantu pemerintah desa/kelurahan untuk dapat memberikan pelayanan surat menyurat yang diperlukan masyarakat dengan format surat yang baku dengan cepat, efektif dan efisien,” kata Syaripul.

Karena, lanjut dia, dalam Aplikasi ini telah terintegrasi data administrasi berdasarkan NIK dan berbagai format surat yang baku.

“Sehingga pemdes/kelurahan dapat membuat surat dalam waktu yang singkat dan cepat bahkan layanannya pun dapat dilakukan melalui layanan on line tanpa harus bertatap muka dengan aparatur desa/kelurahan,” ucapnya.

Dia menegaskan, aplikasi tersebut telah mendapatkan hak cipta dari Kementerian Hukum dan HAM.

“Aplikasi ini juga telah diikutkan dalam lomba inovasi daerah tahun 2021 serta telah memberikan kontribusi kesertaan Desa Mekar Jaya Kecamatan Sebangau Kuala mengikuti lomba Desa BRilian tingkat Nasional dan meraih Peringkat 17 se-Indonesia,” tegas Syaripul.

Aplikasi itu juga telah dijadikan bahan penelitian para mahasiswa S1 dan S2 dan salah satu Mahasiswa S2 Universitas Muhammadiyah Palangkaraya baru saja telah menyelesaikan tesisnya yang berjudul Peningkatan Kinerja Aparatur Pemerintah Desa Berbasis Aplikasi Pahari Kabupaten Pulang Pisau dan telah lulus dengan nilai A.

Perbedaan utama dari kedua aplikasi ini adalah Aplikasi Pahari Mobile adalah aplikasi pelayanan administrasi di desa/kelurahan yang hanya bisa dibuka operator desa/kelurahan karena memuat data detail bersifat individu dan hanya bisa diisi dan di-update oleh pihak desa/kelurahan yang memegang user dan password-nya saja.

Sedangkan  Aplikasi Pulang Pisau Mobile yang memuat segala informasi dan data berupa jumlah dan gambar secara umum tidak memuat data yg bersifat pribadi untuk keperluan Publik dan dapat diakses oleh semua orang yang telah mendownload Aplikasi Pulpis Mobile dimana Aplikasi Pulpis Mobile ini dapat diperoleh dengan menghubungi Kabag Pemerintahan dan Kepala DPMD Pulang Pisau atau Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra dengan No WA 0811526966.

(Antang)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments