Business

Berpetualang Membelah Hutan Tropis Di Jantung Borneo

MURUNG RAYA - Kalimantan Tengah, Salah Satu Provinsi di Indonesia yang terletak di Pulau Kalimantan dengan menyajikan alam terbuka nan indah menjadi daya tarik para wisatawan dari dalam maupun luar negeri.namun belum seru jika tidak melakukan petualangan menembus hutan tropis atau disebut Borneo ini serta mengunjungi lokasi wisata yang disajikan. Tepatnya di Kabupaten Murung Raya, Kalimantan Tengah.

Keindahan pemandangan alam hutan tropis menjadi daya tarik di Kalimantan Tengah, tepatnya di Kabupaten Murung Raya. Selain Kabupaten Murung Raya terkenal akan dengan potensi sumber daya alam seperti Tambang Emas, Perak Dan Batu Bara. Namun ada hal yang menarik di dalam hutan tropis ini, yakni lokasi wisata yang menjadi tempat favorit bagi para wisatawan yang suka berpetualang. 

Lokasi yang Menjadi Favorit Adalah Bukit Pasir Putih, Air Terjun Bun Bun dan Tugu Equator di Kecamatan UUT Murung Kabupaten Murung Raya. Perlu perjalanan panjang dari Kota Puruk Cahu menuju Kabupaten Murung Raya dengan jarak tempuh lima jam perjalanan untuk sampai di lokasi air terjun Bun Bun. 

Sementara, bagi wisatawan dari Kota Palangka Raya dapat mengikuti paket wisata selama 4 hari. Para wisatawan tidak akan bosan selama di perjalanan melihat pemandangan alam terbuka serta dapat melakukan champing ground di perbukitan sekitar kota puruk cahu dan di lokasi wisata tugu equator.

Perjalanan wisata di hutan tropis ini juga digemari para offroader. Dengan menggunakan kendaraan 4 kali 4 para offroader dapat menguji kemampuan mereka menembus hutan tropis serta melintasi jalur berbeda. Perjalanan wisata kali ini diikuti Kapolda Kalimantan Tengah Irjen Polisi Dedi Prasetyo, Danrem 102 Panju Panjung Brigjen TNI Purwo Sudaryanto dan Ceo Kalteng22 Harry Fernando Toeweh.

Sebelum mencapai lokasi wisata air terjun bun bun, para wisatawan bisa beristirahat sembari berfoto ria dengan latar belakang pegunungan muller disertai pemandangan indah bukit pasir putih. Setelah cukup beristirahat, perjalanan di lanjutkan menuju lokasi yang diinginkan, yakni air terjun bun-bun yang memiliki tujuh tingkatan di Provinsi Kalimantan Tengah.

Setibanya di lokasi, para wisatawan cukup berjalan kaki menuju lokasi air terjun melalui jalan utama dengan menuruni anak tangga. Tiba di lokasi air terjun bun bun membuat para wisatawan takjub akan keindahannya. Udara yang segar membuat para wisatawan betah berlama-lama di sini.

Setelah menikmati keindahan air terjun bun-bun,perjalan berikutnya adalah ke lokasi wisata tugu equator di Kecamatan UUT Murung. Para wisatawan biasa bermalam di tempat ini. Air sungai yang jernih menjadi daya tarik bagi para wisatawan. Mereka melakukan champing groud mendirikan kemah dan memasak dengan menu khas daerah, seperti udang galah goreng, ikan lais, ikan wadi, dan sayur asam.

Salah seorang wisatawan Erlansyah Jamain mengatakan, dari sejumlah perjalanan wisata di kalimantan tengah yang pernah dia ikuti, perjalanan kali ini merupakan yang paling menarik. Selama di perjalanan dirinya di suguhi pemandangan hutan yang masih asri.

Menurut Erlansyah, Kabupaten Murung Raya memilik banyak obyek wisata yang menarik dan perlu dikembangkan oleh pemerintah daerah serta didukungan warga setempat.

Sementara itu, pelaku usaha wisata petualangan, Bucu Bardodi mengatakan, wisata ke bukit pasir putih, air terjun bun bun, dan tugu equator merupakan paket wisata petualangan yang paling menarik.paket ini menawarkan 4 hari perjalanan wisata dari Kota Palangka Raya hingga ke menuju lokasi obyek wisata ini.

Menurut Bardodi, sejumlah wisatawan dari mancanegara juga sempat mengikuti paket wisata petualangan ini.

 

(Surya Adi Winata)

You can share this post!

Ratusan Warga Pengrajin Rotan Kehilangan Sumber Penghasilan

Ratusan Warga Pengrajin Rotan Kehilangan Sumber Penghasilan

0 Comments

Leave Comments